Cara Membungkus Kado Tanpa Menggunakan Kotak

Membungkus Kado dengan Kertas Cokelat


Membungkus kado dengan kertas cokelat

Membungkus kado adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dimulai dari acara ulang tahun, hari raya, hingga pernikahan. Selain itu, membungkus kado juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan rasa sayang dan perhatianmu terhadap orang terdekatmu.

Ada berbagai macam cara untuk membungkus kado, mulai dari memakai kotak kado, tas kado, atau bahkan dengan kertas cokelat. Membungkus kado dengan kertas cokelat bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menambah kesan unik pada kado yang akan kamu berikan. Berikut ini adalah beberapa tutorial membungkus kado menggunakan kertas cokelat yang bisa kamu coba di rumah.

1. Sortir berdasarkan ukuran

Sebelum mulai membungkus kado dengan kertas cokelat, pertama-tama kamu harus menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan. Misalnya saja kertas cokelat, gunting, pita, dan berbagai tambahan hiasan lainnya. Setelah itu, kamu bisa memulai dengan menyortir berbagai benda yang akan dibungkus berdasarkan ukurannya.

Contoh, jika kamu ingin membungkus kotak kado dan beberapa rengginang, maka kamu harus memilih ukuran kertas cokelat yang sesuai. Kemudian, kamu bisa memotong kertas cokelat sesuai dengan ukuran barang yang akan kamu bungkus. Pastikan ukuran kertas cokelat cukup besar agar tidak kekurangan saat membungkus kado.

2. Membuat lipatan

Setelah kamu memotong kertas cokelat sesuai dengan ukuran barang, selanjutnya kamu bisa membentuk lipatan pada kedua sisi kertas cokelat. Cara membentuk lipatan pada kertas cokelat hampir sama seperti saat membungkus dengan kertas kado biasa. Pertama, lipat ujung kertas cokelat ke dalam sejajar dengan barangan yang akan dibungkus. Kemudian, buat lipatan pada sisi lainnya.

Pada tahap ini, pastikan juga kedua ujung kertas cokelat tepat dan rapi terlipat agar hasilnya kelihatan lebih baik dan menarik.

3. Memasukkan barang ke dalam kertas cokelat

Setelah melewati tahap pembentukan lipatan, selanjutnya masukkan barang yang sudah dalam ukuran yang telah dicek dengan kertas cokelat yang telah dipotong dan dilipat. Kemudian, rapatkan dan buat lipatan pada bagian atas kertas cokelat.

Jangan lupa membuat segel dengan menggunakan pita. Pilih pita yang sesuai dengan kemasan kado yang kamu pilih. Pita bisa dipilih dengan warna yang kontras atau senada dengan warna kertas cokelat. Tambahkan pula dekorasi lain untuk membuat kemasan kado menjadi lebih indah dan menarik. Contohnya, kamu bisa menyematkan bunga kecil atau beberapa stiker lucu pada bagian atas kertas cokelat.

4. Mempermanis kemasan kado

Agar kemasan kado lebih menarik dan cantik, kamu bisa mempermanisnya dengan cara menambahkan aksesoris dekorasi yang menarik. Misalnya, dengan menyematkan pita dengan warna yang kontras, membuat bunga dari kertas, atau menambahkan pop-up kartu ucapan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan stiker berisi kata-kata ucapan selamat untuk memperlihatkan kasih sayang dan perhatianmu terhadap orang yang akan kamu berikan kado tersebut.

Dengan mengikuti tutorial membungkus kado dengan kertas cokelat diatas, kamu bisa membuat tampilan kado yang lebih menarik dan unik. Kamu bisa menjalankannya dengan mudah di rumah, bahkan tanpa harus membeli kotak kado yang tentu lebih mahal. Jangan lupa gunakan kreativitasmu untuk menambahkan beberapa sentuhan dekoratif menarik lainnya pada kemasan kado yang kamu buat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Cara Membungkus Kado Bermotif Sasirangan


Sasirangan gift wrap

Jika Anda adalah penggemar barang-barang kekinian, Anda pasti tahu tentang Sasirangan. Kain berwarna terang dengan pola unik yang berasal dari Kalimantan ini kini semakin populer dan diminati oleh banyak orang. Sasirangan seringkali digunakan sebagai kain untuk kebaya, baju adat, atau kain hiasan rumah. Namun, pernahkah terpikirkan untuk menggunakan Sasirangan sebagai bahan pembungkus kado?

Sasirangan bisa menjadi alternatif bahan pembungkus kado yang unik dan menarik. Caranya juga tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan Kain Sasirangan

Tentu yang pertama harus Anda lakukan adalah mempersiapkan kain Sasirangan. Pilih kain dengan model atau corak yang paling Anda suka. Pastikan ukuran kain cukup untuk membungkus kado yang akan diberikan. Anda bisa menggunakan kain Sasirangan dalam ukuran standar, yaitu sekitar 2-3 meter.

2. Susun Kado di Tengah-Tengah Kain Sasirangan

step 2 how to wrap gifts with sasirangan

Letakkan kado di tengah-tengah kain Sasirangan. Pastikan kado berposisi di atas sisi kain yang bagus atau bagian depan kain Sasirangan. Bungkus kado dengan kain Sasirangan dan buatlah dua simpul dalam.

3. Lipat Kaki Sasirangan ke Atas

step 3 how to wrap gifts with sasirangan

Lipat kedua ujung kaki Sasirangan ke atas, lalu simpulkan dengan rapat. Pastikan kedua ujung tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Kerut sedikit bagian atas kaki Sasirangan agar terlihat semakin menarik.

4. Lipat Kaki Sasirangan ke Bawah

step 4 how to wrap gifts with sasirangan

Lipat kedua ujung bawah Sasirangan ke atas dan rapatkan dengan diikat simpul tali kain Sasirangan. Pastikan simpul cukup rapat dan tidak terlalu ketat.

5. Hias dengan Pita atau Gantungan Kado

step 5 how to wrap gifts with sasirangan

Bila ingin semakin menarik, Anda bisa menambahkan pita atau gantungan kado pada Sasirangan. Pita dan gantungan kado juga bisa menambah kesan elegan dan manis pada kado Anda. Pilih pita atau gantungan kado yang ringan agar tidak membebani kain Sasirangan.

Dengan berkreasi menggunakan kain Sasirangan sebagai bahan pembungkus kado, tidak hanya menjadikan tampilan kado semakin menarik dan unik, tetapi juga mengapresiasi budaya Indonesia. Jangan ragu untuk mencoba dan membuat kreasi Anda sendiri dengan Sasirangan!

Menciptakan Kemasan Kado Unik dengan Daun Pisang


Bungkus Kado dengan Daun Pisang

Kita semua tahu bahwa daun pisang digunakan untuk membungkus makanan atau sebagai alas dalam tradisi makanan Indonesia. Namun, kini daun pisang juga digunakan sebagai halaman pembungkus kado yang unik dan ramah lingkungan. Selain lebih mudah didapatkan, membungkus dengan daun pisang juga dapat memberikan sentuhan alami pada kemasan kado yang akan diberikan. Berikut adalah beberapa panduan dan tips untuk membungkus kado dengan daun pisang:

1. Pilih Daun Pisang yang Tepat


Pilih Daun Pisang Terbaik

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan daun pisang sebagai pembungkus kado Anda, maka pastikan untuk memilih daun pisang yang tepat. Pilihlah daun pisang yang masih segar dan tidak terlalu tua agar daun pisang dapat melindungi kado dengan baik. Pastikan juga untuk memilih daun pisang yang ukurannya cukup besar untuk menutupi seluruh kado dengan lengkap.

2. Persiapkan Kado


Persiapkan Kado

Sebelum membungkus kado dengan daun pisang, pertama-tama pastikan bahwa kado sudah siap untuk diikat dengan benang rafia atau pita. Pastikan juga kado sudah terbungkus dengan plastik agar kado tidak terkena air atau cairan lain yang dapat merusak daun pisang.

3. Cara Membungkus Kado dengan Daun Pisang


Cara Membungkus Kado dengan Daun Pisang

Langkah-langkah untuk membungkus kado dengan daun pisang cukup mudah:

Langkah 1: Sudahkah Anda mempersiapkan daun pisang? Jika ya, menjalankan air mendidih ke daun pisang tersebut untuk melembutkannya.

Langkah 2: Setelah melembutkan daun pisang, angkat dan segera cuci dengan air dingin untuk menghentikan pemanasan. Jangan khawatir, daun pisang tidak akan mudah kusut.

Langkah 3: Sekarang, letakkan kado di tengah daun pisang. Lipat kedua ujung daun pisang hingga menutup tepat di atas kado.

Langkah 4: Setelah itu, lipat bagian atas dan bawah daun pisang ke atas genteng menggunakan kedua tangan Anda. Dalam merekatkan daun pisang, gunakan benang rafia atau pita untuk mengikat daun pisang yang sudah dibentuk agar kado tidak terbuka.

Terakhir, bungkus kado tersebut dengan rapi dan ikat benang rafia atau pita sesuai selera Anda.

Jadi, itulah panduan sederhana untuk membungkus kado dengan daun pisang. Selain memiliki tampilan yang unik dan ramah lingkungan, daun pisang juga memiliki aroma yang khas. Cobalah membuat kemasan kado yang unik dan ramah lingkungan dengan daun pisang. Selamat mencoba!

Membuat Kemasan Kado Ramah Lingkungan dengan Kain Bekas


Kemasan Kado Ramah Lingkungan dengan Kain Bekas

Setiap tahunnya, kita selalu merayakan berbagai momen spesial yang terkadang membutuhkan sesuatu yang spesial untuk diberikan kepada kerabat, teman dan orang yang kita cintai. Salah satu tradisi yang setiap tahun selalu dilakukan adalah memberikan kado sebagai bentuk apresiasi dan kasih sayang kita. Namun, kali ini, kita akan berbicara tentang kemasan kado yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan, salah satunya adalah kain bekas.

Penggunaan kain bekas sebagai kemasan kado merupakan salah satu cara mudah untuk mengurangi penggunaan bahan kemasan yang tidak ramah lingkungan, seperti kertas dan plastik yang sangat sulit terurai. Selain itu, kain bekas yang dibuat menjadi kemasan kado juga memberikan kesan yang lebih unik dan personal untuk kado yang dihadiahkan.

Berikut adalah cara membuat kemasan kado ramah lingkungan dengan menggunakan kain bekas:

1. Pilih Kain Bekas yang Menarik

Pilih Kain Bekas

Langkah pertama dalam membuat kemasan kado dengan menggunakan kain bekas adalah memilih kain bekas yang menarik. Kain bekas bisa diperoleh dengan membeli di toko bahan atau bahkan mendapatkan dari rumah sendiri. Pastikan kain yang akan digunakan cukup besar untuk membungkus ukuran kado yang hendak diberikan.

2. Isi Kado di dalam Kain Bekas

Letakkan Kado di Dalam Kain Bekas

Letakkan kado di tengah-tengah kain bekas, pastikan ukuran kain cukup besar sehingga kain dapat menutupi seluruh permukaan kado dengan sempurna. Sehingga kain bekas dapat membentuk kemasan kado yang aman dan rapi.

3. Lipat Kain Bekas

Lipat Kain Bekas

Lipat kain yang terbuka dari semua sisi dengan rapi dan tautkan sisi kain yang tidak dapat terlipat dengan menggunakan pita atau tali rafia. Hal ini bertujuan agar kain bekas dapat membentuk kemasan kado yang rapi dan tidak mudah bocor saat hendak dibawa.

4. Berikan Hiasan pada Kemasan Kado

Berikan Hiasan pada Kemasan Kado

Agar kemasan kado yang dibuat terlihat lebih menarik, Anda dapat memberikan hiasan atau aksesoris pada kemasan kado seperti pita, daun atau bunga kering, atau bahkan menggunakan label yang bisa membuat tampilannya lebih menarik. Hal ini bisa membuat kemasan kado menjadi lebih unik dan personal, serta memberikan kesan yang lebih spesial pada penerima kado.

Itulah beberapa cara untuk membuat kemasan kado yang ramah lingkungan dengan menggunakan kain bekas. Selain kain bekas, Anda juga dapat menggunakan bahan lainnya yang mudah didapatkan dan ramah lingkungan seperti kemasan kado dari kardus bekas atau kemasan kado dari koran bekas. Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut, kita tidak hanya memberikan kado yang spesial namun juga turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selamat mencoba!

Tips Membungkus Kado Tanpa Merekah atau Melipat Kertas


Tips Membungkus Kado Tanpa Merekah atau Melipat Kertas

Jika Anda bosan dengan membungkus hadiah dengan cara yang biasa dan hanya menggunakan kertas pembungkus, mencoba membungkus kado tanpa menggunakan kertas bahkan kotak bisa menjadi alternatif yang menyenangkan, mudah dan murah. Beberapa ide kreatif dapat digunakan untuk membungkus kado tanpa merekah atau melipat kertas, yaitu:

1. Menggunakan Kain


Membungkus Kado Menggunakan Kain

Kain dapat menjadi pilihan alternatif yang cocok digunakan untuk membalut kado. Caranya cukup mudah, cukup memilih kain yang kita sukai, letakkan hadiah di tengah kain lalu ikat dengan pita atau tali raffia. Selain sebagai pembungkus kado, kain juga dapat digunakan untuk memperindah dekorasi rumah.

2. Menggunakan Koran


Membungkus Kado Menggunakan Koran

Selain kain, kertas koran juga dapat digunakan sebagai pembungkus kado. Ide yang kreatif dapat dilakukan dengan mengambil beberapa halaman koran, lalu rapatkan ke tengah dan ikat. Kemudian, berikan garis khat dengan memasang stiker atau membuat coretan dengan pensil warna.

3. Menggunakan Topi atau Kain Batik


Membungkus Kado Menggunakan Kain Batik

Memakai topi atau kain batik dapat menjadi cara yang kreatif dan ramah lingkungan untuk membalut kado. Tinggal masukkan hadiah ke dalam topi, lalu rapatkan seperti lipatan kue dan ikat. Atau, apabila Anda menggunakan kain batik, posisikan kain di tengah, lipat ujung kain ke atas, lalu ikat dengan tali atau pita.

4. Menggunakan Botol Bekas


Membungkus Kado Menggunakan Botol Bekas

Botol bekas dapat digunakan sebagai pembungkus hadiah dalam bentuk benda-benda berguna seperti botol minuman, botol parfum kecil, dan lain-lain. Tinggal membungkusnya dengan kain, alat gelas, atau pita kain sehingga terlihat cantik dan menarik.

5. Menggunakan Tote Bag


Membungkus Kado Menggunakan Tote Bag

Tote bag dapat digunakan sebagai alternatif untuk membungkus hadiah dengan mahir. Tinggal memilih tote bag yang sesuai dengan selera, lalu letakkan hadiah di dalamnya. Setelah itu, berikan aksen tambahan berupa pita atau stiker menarik.

Nah, itu dia beberapa ide kreatif yang dapat Anda coba untuk membungkus kado tanpa merekah atau melipat kertas. Selain memperlihatkan kreatifitas, cara-cara di atas juga dapat membantu mengurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit terurai dan merusak lingkungan.

Leave a Comment