Tutorial Kepang Rambut Anak yang Mudah Dilakukan

Jenis-jenis model kepang rambut anak


Model Kepang Rambut Anak

Menata rambut anak menjadi hal yang menyenangkan bagi para ibu. Rambut yang rapi dan cantik akan membuat penampilan anak terlihat lebih menarik. Salah satu cara membuat rambut anak terlihat rapi adalah dengan membuat kepangan. Kepangan adalah teknik menata rambut dengan menganyamkan rambut yang terdiri dari tiga helai atau lebih. Selain membuat rambut terlihat rapi, kepangan juga dapat membuat rambut anak lebih mudah diatur. Berikut adalah beberapa jenis model kepang rambut anak yang bisa dicoba.

1. Kepang Tiga


Kepang Tiga Anak

Kepang tiga adalah model kepangan yang mudah untuk dibuat namun terlihat cantik. Kepangan ini terdiri dari tiga helai rambut yang dianyam dengan teknik sempoa. Cara membuat kepangan tiga cukup mudah, pertama bagiankan rambut menjadi tiga bagian sama besar. Kemudian anyamkan rambut seperti membuat simpul, lakukan dua hingga tiga kali dan ikat bagian ujung rambut dengan karet kecil. Rambut anak pun terlihat lebih rapi dan mudah diatur.

2. Kepang Empat


Kepang Empat Anak

Untuk tampilan yang lebih cantik, kepangan dengan empat helai rambut bisa menjadi alternatif. Teknik membuat kepangan empat hampir sama dengan kepangan tiga, namun kali ini kita membagi rambut menjadi empat bagian sama besar. Kemudian lakukan teknik anyaman seperti membuat tali simpul dan ikat dengan karet kecil. Selain rambut terlihat rapi, kepangan empat membuat anak terlihat lebih manis.

3. Pita Tali


Pita Tali Anak

Jika ingin tampilan yang lebih berbeda, pita tali bisa menjadi model kepangan yang menarik untuk dicoba. Model kepangan ini terinspirasi dari aksesori tali pita. Di bagian ujung rambut anak diikatkan tali pita, kemudian rambut dibagi menjadi dua bagian sama besar. Ambil masing-masing satu helai rambut dari setiap bagian dan anyamkan seperti membuat tali simpul. Ulangi proses anyaman dengan cara yang sama hingga bagian ujung rambut dan ikat dengan karet kecil. Pita tali membuat tampilan anak menjadi lebih cantik dan manis.

4. Kepang Zig Zag


Kepang Zig Zag Anak

Ingin tampilan kepangan yang lebih unik? Kepangan dengan model zig zag bisa menjadi pilihan. Caranya, bagiankan rambut menjadi beberapa bagian zig zag dan anyam seperti model kepangan biasa. Teknik anyaman zig zag membuat tampilan kepangan terlihat lebih berbeda dan kreatif.

5. Kepang Ikat Kuda


Kepang Ikat Kuda Anak

Kepangan ikat kuda adalah model kepangan yang paling umum digunakan. Teknik membuat kepangan ikat kuda terbilang mudah dan cepat. Bagiankan rambut menjadi dua bagian sama besar, kemudian ikat bagian rambut dengan karet kecil di bagian atas kepala. Yang membedakan teknik anyaman, dimulai dari atas kepala dan bergantian satuan rambut yang diambil. Anyaman yang tercipta dengan model ikat kuda membuat rambut anak terlihat lebih rapi dan mudah diatur.

Itulah beberapa jenis model kepangan rambut anak yang bisa dicoba. Selain membuat anak terlihat cantik, menata rambut dengan kepangan juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak. Mari coba variasi model kepangan yang berbeda setiap harinya!

Persiapan Sebelum Membuat Kepang Rambut Anak


Persiapan Sebelum Membuat Kepang Rambut Anak

Membuat kepang rambut pada anak menjadi salah satu cara untuk mempercantik penampilan si kecil. Ada berbagai jenis kepang rambut yang dapat dibuat pada anak seperti kepang tiga, empat, lima, atau sederhana seperti kepang biasa. Sebelum memulai tutorial kepang rambut anak, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar proses membuat kepang rambut bisa berjalan dengan baik dan aman bagi si kecil.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat kepang rambut, pastikan untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat yang dibutuhkan antara lain sisir, karet gelang, dan penjepit rambut. Sementara itu, bahan yang diperlukan tergantung pada jenis kepang rambut yang akan dibuat. Jika ingin membuat kepang tiga, empat atau lima, maka perlu menyiapkan karet gelang yang cukup banyak. Sedangkan jika ingin membuat kepang biasa, maka cukup menyiapkan sedikit karet gelang saja.

Pastikan juga untuk mencuci tangan dan memastikan alat dan bahan yang digunakan sudah bersih dan aman. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan si kecil.

2. Menjaga Keamanan Saat Membuat Kepang Rambut

Saat membuat kepang rambut pada anak, pastikan untuk selalu menjaga keamanan si kecil. Untuk memudahkan proses membuat kepang rambut, mintalah si kecil untuk duduk atau berdiri diam saat proses ini dilakukan. Pastikan tidak ada bahan atau alat yang terjatuh di dekat si kecil yang bisa membahayakan keselamatannya.

Selain itu, pastikan tidak menarik rambut si kecil terlalu keras atau menariknya dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini bertujuan untuk menghindari rambut si kecil patah atau rusak. Jika si kecil merasa sakit atau tidak nyaman saat kepang rambut dibuat, segera hentikan prosesnya dan dapatkan bantuan dari orang dewasa.

3. Memilih Model Kepang Rambut yang Cocok untuk Si Kecil

Setiap anak memiliki bentuk kepala dan rambut yang berbeda-beda. Oleh karena itu, memilih model kepang rambut yang cocok dengan si kecil sangat penting. Saat memilih model kepang rambut, pastikan untuk mempertimbangkan bentuk wajah si kecil serta panjang dan tebal rambutnya. Dengan memilih model kepang yang cocok, tampilan si kecil akan lebih cantik dan sesuai dengan keinginannya.

Demikianlah beberapa persiapan yang perlu dipersiapkan sebelum mulai membuat kepang rambut pada anak. Dengan melakukan persiapan yang matang, proses membuat kepang rambut akan lebih mudah dan aman bagi si kecil. Selain itu, hasil akhir kepang rambut pun akan lebih cantik dan sesuai dengan keinginan si kecil.

Tutorial membuat French braid pada rambut anak


French braid rambut anak

Jika Anda mencari tampilan rambut yang cantik dan elegan untuk anak perempuan Anda, maka French braid bisa menjadi pilihan yang sempurna. French braid adalah gaya pengerutan rambut yang terlihat rumit tetapi cukup mudah untuk dipelajari. Pada dasarnya, French braid melibatkan pengerutan tiga helai rambut pada suatu waktu, dengan tambahan rambut dari bagian luar untuk membentuk pengerutan yang rapi dan indah.

Berikut adalah tutorial untuk membuat French braid pada rambut anak:

Langkah 1: Bersihkan Rambut Anak Anda

clean hair child

Sebelum mulai membuat French braid, pastikan rambut anak Anda bersih dan kering. Rambut yang bersih akan lebih mudah untuk dikeriting dan menjadi lebih mudah untuk diatur. Keringkan rambut dengan handuk atau pengering rambut sampai benar-benar kering.

Langkah 2: Pisahkan Rambut Anak Anda

separate hair child

Pisahkan rambut anak Anda menjadi tiga bagian yang sama besar – satu bagian di atas kepala dan dua bagian lainnya di bawah. Pegang ketiga bagian ini dengan tangan yang berbeda.

Langkah 3: Mulai Pengerutan

start french braid child

Untuk memulai pengerutan French braid, ambil sepotong kecil rambut dari bagian luar di sisi kiri kepala dan jadikan sebagai rambut ketiga. Letakkan rambut ketiga ini di atas rambut bagian tengah. Selanjutnya, ambil sepotong kecil rambut dari bagian luar di sisi kanan kepala dan jadikan sebagai rambut ketiga lainnya. Letakkan rambut ketiga ini juga di atas rambut bagian tengah.

Tahan ketiga helai rambut dengan tangan kiri. Pegang rambut bagian tengah dengan tangan kanan dan tarik ke atas. Tarik tangan kanan Anda ke atas sehingga rambut bagian tengah berada di antara tangan kiri dan kanan Anda. Renggangkan kembali rambut kanan dan letakkan rambut ketiga di atas rambut bagian kanan. Ambil sepotong kecil rambut dari sisi kanan kepala dan letakkan di antara tangan kanan dan kiri Anda. Pegang ketiga helai rambut dengan tangan kiri, dan letakkan rambut ketiga di atas rambut bagian kiri.

Ulangi langkah-langkah ini sampai Anda mencapai ujung rambut anak Anda. Pastikan untuk menambahkan rambut ke rambut ketiga setiap kali Anda mengerutkan bagian rambut.

Langkah 4: Ikat Rambut Anak Anda

tie the french braid

Setelah selesai membuat pengerutan French braid, ikat ujung rambut dengan karet gelang atau pita rambut. Anda dapat meninggalkan bagian ujung rambut agar terlihat lebih santai. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih rapi, Anda bisa menyembunyikan ujung rambut anda di bawah pengerutan tadi dan membentuknya membentuk lingkaran di bagian bawah kepala anak Anda.

Tips: Melatih Keterampilan Anda

practice french braid

Jika Anda baru pertama kali membuat French braid, pastikan Anda mencoba untuk berlatih pada rambut Anda sendiri terlebih dahulu. Metode yang sama dapat diterapkan ketika Anda ingin membuat French braid pada rambut anak Anda. Buatlah komitmen untuk melatih keterampilan Anda dengan membuat French braid setiap kali mereka akan pergi ke pesta atau perayaan tertentu.

Melatih keterampilan French braid pada rambut anak Anda adalah cara yang baik untuk membuat momen-momen istimewa menjadi lebih indah dan mengesankan. Selain itu, anak Anda akan merasa lebih percaya diri dengan penampilannya dan dapat tampil seperti seorang putri. Selamat mencoba!

Cara membuat kepang rambut fishbone untuk anak perempuan


tutorial kepang rambut anak

Kepang rambut fishbone atau disebut juga dengan French braid ini adalah salah satu model kepang rambut yang cocok untuk anak perempuan. Dalam artikel ini, akan dibahas cara membuat kepang rambut jenis fishbone ini yang simpel dan tidak akan memakan waktu terlalu lama. Tidak hanya itu, kepang rambut fishbone juga dapat menambah style dan tampilan yang lucu pada anak perempuan kita.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kepang rambut fishbone untuk anak perempuan:

1. Langkah pertama adalah menyisir rambut anak perempuan kita menjadi satu bagian. Tarik rambut ke depan dan pisahkan menjadi tiga bagian yang sama besar. Pastikan ketiga bagian rambut itu diletakkan dekat dengan garis rambut.

2. Setelah tiga bagian rambut dipisahkan, ambil seutas rambut kecil dari sebelah luar bagian rambut kanan dan tarik ke sebelah dalam. Tarik rambut kecil tersebut di atas bagian rambut tengah. Kemudian ambil seutas rambut kecil dari sebelah luar bagian rambut kiri, lalu tarik ke sebelah dalam di atas bagian rambut tengah. Sama halnya dengan tadi, tarik rambut kecil ke atas.

3. Ulangi langkah kedua ini secara bergantian hingga kepangan rambut terbentuk dan rambut anak kita telah kebagian kepangan dari ujung ke ujung.

4. Setelah kepangan rambut fishbone terbentuk, kencangkan bagian ujung kepangan dengan karet gelang kecil. Ini akan membentuk bentuk kepangan rambut yang lebih baik.

5. Terakhir, semprotlah sedikit spray pada kepangan rambut untuk menstabilkan bentuk kepangan rambut.

Batik tutorial kepang rambut anak ini bisa menjadi alternatif bagi ibu yang ingin membuat tampilan anaknya menjadi lebih gaya dan unik. Selain itu, tutorial kepang rambut anak ini dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Jangan lupa untuk menyediakan waktu dan sabar saat mencoba membuat tutorial kepang rambut anak tersebut.

Tips tambahan agar rambut anak tetap nyaman:
1. Gunakan karet elastis yang tidak terlalu ketat untuk mengikat rambut.
2. Keramaslah teratur untuk menjaga rambut anak selalu bersih dan sehat.
3. Hindarkan rambut anak dari penggunaan alat pengeriting rambut yang panas dan penggunaan bahan kimia yang berbahaya.

Tips menjaga kesehatan rambut anak saat dipangkas atau dibuat kepang


Tutorial Kepang Rambut Anak in Indonesia

Kepang rambut menjadi tren yang cukup populer di Indonesia, khususnya bagi anak-anak perempuan. Namun, selain tampil cantik dan fashionable, penting juga untuk memperhatikan kesehatan rambut anak saat dipangkas dan dibuat kepang. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

1. Pilih gaya kepang yang sesuai dengan jenis rambut anak


Cute Kids Hairdo Ideas

Penting untuk memilih gaya kepang yang sesuai dengan jenis rambut anak. Misalnya, anak dengan rambut tipis sebaiknya tidak dipotong terlalu pendek atau dibuat kepang terlalu kencang, karena dapat merusak akar rambut dan menyebabkan kerontokan. Di sisi lain, anak dengan rambut tebal dan kaku dapat dipotong lebih pendek atau dibuat kepang lebih kencang untuk membentuk tampilan yang lebih rapi.

2. Pilih alat yang tepat untuk memotong dan membuat kepang


Hairstyle Tools

Pilihlah alat yang tepat untuk memotong dan membuat kepang, seperti gunting dengan mata tajam dan tanpa karat serta jepitan rambut yang tidak akan merusak rambut anak. Selain itu, hindari pemakaian alat pemanas, seperti hair dryer dan hair iron, yang dapat merusak kelembaban alami rambut dan membuatnya menjadi kering dan rapuh.

3. Perhatikan kebersihan rambut anak


Kids Hair Care Product

Sebelum memotong atau membuat kepang, pastikan rambut anak dalam kondisi bersih dan kering. Gunakan shampo dan conditioner yang aman untuk anak, serta handuk atau pengering rambut yang bersih. Selain itu, jangan lupa untuk menyisir rambut anak sebelum dipotong atau dibuat kepang, agar lebih mudah ditata dan rapi.

4. Jangan sering memotong atau membuat kepang


Hair Growth Process

Meskipun bergaya kepang dapat membuat anak terlihat lebih cantik dan modis, jangan sering memotong atau membuat kepang. Sebab, terlalu sering memotong atau membuat kepang dapat merusak akar rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut anak. Sebaiknya, biarkan rambut anak tumbuh lebih panjang dengan alami sebelum dipotong atau dibuat kepang.

5. Berikan nutrisi yang tepat untuk rambut anak


Kids Healthy Eating

Selain perawatan dari luar, nutrisi juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut anak. Berikan makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging, yang mengandung vitamin dan mineral esensial untuk rambut. Selain itu, pastikan anak memperoleh cukup air untuk menjaga kelembaban alami rambut.

Dengan mengikuti tips menjaga kesehatan rambut anak saat dipangkas atau dibuat kepang di atas, diharapkan rambut anak terjaga kesehatannya dan tumbuh dengan baik. Selamat mencoba!

Leave a Comment