Tutorial Hijab Malaysia: Cara Memakai Hijab ala Malaysia untuk Wanita Indonesia

Sejarah Hijab di Malaysia


Sejarah Hijab di Malaysia

Hijab bukanlah sesuatu yang baru di Malaysia. Selama beratus-ratus tahun, wanita Muslimah di Malaysia telah memakai hijab untuk menutup aurat mereka. Pakaian tradisional Melayu seperti baju kurung dan baju kebaya sering di lengkapi dengan serban atau tudung. Sebelum era kolonialisme Inggris, budaya Melayu sangat dipengaruhi oleh agama Islam dan kebanyakan wanita Melayu menggunakan tudung. Wanita Muslimah Melayu menjadikan hijab sebagai suatu bentuk penghormatan pada nilai-nilai agama dan budaya mereka serta sebagai simbol identitas Islamnya.

Pada tahun 1970-an, tren fashion Barat masuk ke Malaysia dan hijab tidak lagi menjadi tren utama dalam fesyen. Namun, pada tahun 1980-an, ada gelombang kembali ke tradisi dan kembali mengenakan hijab di kalangan wanita Muslim di Malaysia. Kembali ke pangkuan tradisi dan kebudayaan menjadi hal yang paling penting bagi orang-orang di Malaysia. Pada tahun 1990-an, gaya hijab modern bergaya Arab kian populer di kalangan wanita Muslim di Malaysia.

Seiring berjalannya waktu, tren hijab di Malaysia terus berubah dan berkembang. Ulama-ulama dan aktivis wanita Muslim yang memperjuangkan hak wanita Indonesia seperti Ustad Guntur Bumi dari Indonesia dan Datuk Seri Sharizat Abdul Jalil dari Malaysia kerap kali menggalang gerakan memakai hijab bagi wanita Muslimah agar kembali menghargai nilai-nilai Islam dan budaya Melayu. Mereka ingin menjadikan hijab sebagai pilihan wanita dan bukan sebagai kewajiban yang harus dipatuhi. Oleh karena itu, mereka mencoba tidak membuat aturan terkait perhijaban tapi menyosialisasikan pentingnya mengenakan hijab karena nilai yang terkandung di dalam hijab tersebut.

Kini hijab menjadi tren fashion yang kian berkembang di Malaysia. Kebanyakan wanita muslim di Malaysia memakai hijab dengan sangat berkreatifitas serta memadukan berbagai jenis kain, motif, dan warna sehingga hijab tidak hanya berfungsi sebagai selubung, tapi juga menjadi fashion statement bagi mereka. Wanita di Malaysia juga memiliki banyak pilihan hijab yang bisa digunakan sesuai dengan kepentingan dan kesukaan mereka, seperti hijab ‘segitiga’ atau ‘segi empat’. Di samping mode, wanita di Indonesia masih menggunakan hijab sebagai bagian dari identitas ke-Islaman mereka yang penting.

Jenis-jenis Hijab yang Populer di Malaysia


Jenis-jenis Hijab yang Populer di Malaysia

Hijab adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari bagi wanita Muslim di Malaysia. Selain sebagai penutup kepala, hijab juga digunakan sebagai ungkapan identitas, gaya, dan keanggunan. Berdasarkan gaya dan bahan hijabnya, berikut adalah beberapa jenis-jenis hijab yang populer di Malaysia.

1. Hijab Segi Empat

Hijab Segi Empat

Hijab segi empat adalah hijab yang memiliki bentuk persegi dan memiliki panjang lebih dari 1 meter. Jenis hijab ini sangat populer di Malaysia dan bisa digunakan dengan berbagai gaya kerudung. Cara memakai hijab segi empat bergantung pada kenyamanan si pengguna. Bisa dililitkan ke samping kanan dan kiri leher, diikat di bagian belakang kepala, atau digulung untuk memberikan kesan kerapian dan rapi.

2. Hijab Pashmina

Hijab Pashmina

Hijab pashmina memiliki bentuk yang lebih panjang daripada hijab segi empat dan biasanya memberikan kesan lebih elegant dan modern saat dipakai. Hijab model ini terbuat dari bahan yang ringan dan mudah dibentuk. Cara memakai hijab pashmina cukup sederhana, dililitkan ke sekeliling kepala, dibentuk sedemikian rupa, kemudian ujung hijab diikat di belakang leher. Selain itu, hijab pashmina juga bisa dipakai dengan berbagai aksesori sebagai pelengkap hijab.

3. Hijab Syar’i

Hijab Syar'i

Hijab syar’i umumnya terdiri dari dua bagian, yaitu cadar sebagai penutup wajah dan hijab sebagai penutup kepala. Hijab model ini mengutamakan kenyamanan dan kesopanan bagi si pengguna. Hijab syar’i sangat populer bagi wanita muslimah yang ingin mengekspresikan keagamaannya dengan tetap tampil anggun dan elegan.

4. Hijab Turban

Hijab Turban

Hijab turban adalah jenis hijab yang praktis dan sangat nyaman dipakai sehari-hari. Hijab model ini melekat erat pada kepala dan menampilkan bentuk kepala yang lebih lonjong. Hijab turban bisa dilengkapi dengan berbagai aksesori dan variasi warna sehingga sangat fleksibel digunakan untuk berbagai gaya pakaian. Hijab turban juga mudah dipasangkan dengan busana bergaya casual ataupun formal.

5. Hijab Instan

Hijab Instan

Hijab instan atau yang juga disebut hijab syari instant adalah jenis hijab yang paling praktis. Hijab model ini tidak perlu dililit dan hanya perlu ditarik ke kepala. Hijab instan sangat cocok bagi wanita yang memiliki aktivitas padat namun ingin tampil rapi dan syar’i. Jenis hijab ini juga mudah dipakai oleh para wanita yang baru memulai memakai hijab.

Dari kelima jenis hijab tersebut, setiap wanita muslim di Malaysia bisa memilih hijab yang sesuai dengan gaya dan kebutuhannya. Penting bagi kita untuk menemukan hijab yang amanah dan tetap menjalankan syari’at Islam dalam penampilan kita.

Tutorial Memakai Hijab Segi Empat ala Malaysia


Tutorial Memakai Hijab Segi Empat ala Malaysia

Hijab segi empat is a popular style of hijab that is widely used in Malaysia. This hijab style is known for its simplicity and versatility, making it a great choice for everyday wear. In this tutorial, we will show you how to wear hijab segi empat ala Malaysia.

To start, you will need a hijab segi empat scarf that is roughly 110cm x 110cm in size. You can use any type of material, but it’s best to choose something lightweight and breathable for everyday wear.

Step 1 – Place the hijab segi empat scarf on your head with one side longer than the other. Make sure that the longer side is draped over your shoulder and the shorter side is behind your back.

Step 2 – Take the longer side of the hijab segi empat scarf and wrap it around your head. Make sure that the scarf is snug but not too tight. Tuck the edge of the scarf under your chin.

Step 3 – Take the shorter side of the hijab segi empat scarf and pull it over your head so that it covers the top of your head. You can use a pin to secure the scarf in place.

Step 4 – Take the longer side of the hijab segi empat scarf that is hanging over your shoulder and wrap it around your head once more.

Step 5 – Bring the longer side of the hijab segi empat scarf to the front of your head and cross it over the shorter side of the scarf. You should end up with two layers of material at the front of your head.

Step 6 – Take the longer side of the hijab segi empat scarf and pull it behind your head. Make sure that the scarf is snug but not too tight.

Step 7 – Take the longer side of the hijab segi empat scarf and wrap it around your head once more. This time, tuck the edge of the scarf under the layers of material at the front of your head.

Step 8 – Adjust the hijab segi empat scarf so that it’s comfortable and looks neat. You can use pins to secure any loose ends.

There you have it – a simple and stylish hijab segi empat ala Malaysia! This hijab style is perfect for everyday wear and can be dressed up or down depending on the occasion. Experiment with different colors and materials to find a hijab segi empat style that works for you.

Tutorial Memakai Hijab Pashmina ala Malaysia


Cara Memakai Hijab Pashmina Ala Malaysia

Tutorial memakai hijab pashmina ala Malaysia menjadi salah satu trend hijab saat ini. Pashmina memiliki variasi warna dan jenis yang berbeda yaitu pashmina chiffon, silk, satin dan lain-lain. Cara memakainya pun berbeda satu dengan yang lain. Salah satu cara memakai hijab pashmina yaitu dengan cara draping dan terdapat banyak variasi gaya pashmina yang bisa disesuaikan dengan acara dan gaya berpakaian.

Cara memakai hijab pashmina ala Malaysia ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan bahwa kepala sudah tertutup hijab inner. Kedua, ambil hijab pashmina dan pastikan salah satu ujungnya lebih pendek. Letakkan hijab pada kepala dengan bagian pendek menutupi bagian depan dada. Kemudian, bawa sisi panjang sebelah kiri ke belakang dan ikat ujung sisi pendek dengan sisi panjang sebelah kanan.

Cara Memakai Hijab Pashmina Ala Malaysia 2

Setelah tahap kedua selesai, maka ikat bagian yang belakangan tadi dengan bagian bawah dagu, kemudian dengan mengambil satu sisi panjang pashmina, lewati ke kepala dan satukan ke sisi paling atas pada bagian belakang kepala. Setelah itu, bawa sisi tersebut ke depan, lalu pindahkan ke belakang lagi, untuk diberi bunga bros yang cantik yang membuat penampilannya menjadi lebih menarik. Pashmina hijab juga bisa dipakai untuk acara-acara yang lebih formal dan dapat dimasukkan dengan aksesoris lain seperti bros atau peniti untuk tampil lebih mewah. Tidak harus memiliki koleksi baju yang banyak untuk bergaya dengan pashmina hijab, salah satu cara memakai hijab pashmina yang bisa dibuat dengan penuh kreativitas dan gaya.

Adapun variasi hijab pashmina yang lainnya yaitu dengan menggunakan model hijab pashmina segi empat atau shawl. Cara memakai hijab pashmina segi empat atau shawl yaitu dengan melipat shawl menjadi segi empat, kemudian letakkan pada kepala dengan menyisakan satu sisi lebih panjang dibandingkan dengan sisi sebelahnya. Ambil dua sisi pendek dan bawa ke belakang dan belit pada bagian leher. Kemudian, bawa ke atas dan satukan dengan sisinya yang lebih panjang. Setelah itu, letakkan pada sisi belakang kepala dan jangan lupa untuk melipat salah satu sisi sehingga terlihat anggun dan rapi.

Kombinasi warna hijab pashmina dan baju juga bisa dicoba dan sekedar memadukan warna hijab dengan baju yang dipakai bisa membuat tampilan dengan gaya yang beragam. Sebagai contoh, padukan baju hijau mahkota dengan hijab pashmina biru laut atau baju putih dengan hijab pashmina coklat muda. Padu-padankan dengan gaya yang sesuai dan buatlah acara-acara the special occasions menjadi lebih terkesan.

Kesimpulannya, tutorial memakai hijab pashmina ala Malaysia dapat memberikan inspirasi terbaru bagi pengguna hijab dalam mencari gaya penampilan yang baru dan sesuai trend hijab masa kini. Terdapat banyak variasi gaya pashmina yang bisa digunakan dengan berbagai jenis acara dan bergaya, tempatkan aksesoris yang sesuai untuk menambah kesan mewah dari hijab pashmina dan juga padukan hijab pashmina dengan baju yang dipakai untuk menghasilkan kombinasi warna yang harmonis sehingga tampilan menjadi semakin maximal.

Tips Memilih Hijab yang Tepat untuk Bentuk Wajahmu di Malaysia


Hijab Malaysia

Menentukan hijab yang tepat untuk bentuk wajahmu itu penting, karena selain ketentuan agama, hijab yang pas bisa menambah kecantikan dan menunjang kepercayaan diri kamu sebagai wanita muslimah. Dan jika kamu tinggal di Malaysia, mungkin kamu membutuhkan panduan yang lebih spesifik mengenai hijab yang sesuai dengan kepribadian dan mode busana di negara itu.

Di bawah ini, aku akan memberikan beberapa tips yang mungkin berguna bagi kamu dalam memilih hijab yang tepat untuk bentuk wajahmu ketika tinggal di Malaysia:

tips memilih hijab yang tepat untuk bentuk wajahmu di malaysia

1. Bentuk Wajah Bulat

Buat kamu yang memiliki wajah bulat, pilih hijab yang bisa memberi efek wajah terlihat lebih panjang dan kurus. Salah satunya dengan memberi volume pada bagian atas kepala dan perkecil volume di bagian bawah. Kamu bisa menggunakan kaos kerudung atau kaos ninja, karena jenis kerudung seperti itu memiliki volume dan kesan yang lebih kecil daripada hijab segi empat.

2. Bentuk Wajah Lonjong

Bagi kamu yang wajahnya lonjong, pilih hijab yang bisa membuat penampilan wajah menjadi lebih penuh. Gunakan jenis hijab segi empat yang memiliki volume yang besar, dan ikat seperti model hijab turban agar tidak terlalu panjang di bagian dada.

3. Bentuk Wajah Segitiga

Wanita yang memiliki bentuk wajah segitiga cenderung memiliki dagu yang runcing. Untuk mengimbangi tampilan wajah tersebut, pilih hijab dengan model jilbab pashmina atau hijab segi empat yang panjang pada bagian depan. Ikat hijab dengan model tumpal pada bagian bawah dagu untuk membuat dagu terlihat lebih tirus dan panjang.

4. Bentuk Wajah Persegi

Bagi kamu yang memiliki bentuk wajah persegi, pilih hijab yang memiliki model sedikit lebar pada bagian bawah untuk menyeimbangkan bentuk runcing yang ada pada wajahmu. Kamu bisa menggunakan ciput ninja yang ringan dan tidak memberi efek terlalu besar untuk menutupi dahi.

5. Bentuk Wajah Oval

Bentuk Wajah Oval

Jika kamu memiliki bentuk wajah oval, kamu bisa memilih hijab dengan model yang ringan dan tidak terlalu banyak volume. Kamu cukup menggunakan ciput ninja atau hanya menggunakan pashmina yang diikat dengan ringan di leher. Namun jika kamu ingin sedikit variasi, kamu bisa menggunakan hijab instan dengan model tanpa ikat yang sederhana.

Demikianlah tips-tips memilih hijab yang tepat untuk bentuk wajahmu di Malaysia. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment