Penghargaan Video Game BAFTA untuk Multiplayer Hadir di Indonesia!

Sejarah Penghargaan Multi-pemain BAFTA


Penghargaan Multiplayer BAFTA

Penghargaan BAFTA atau British Academy of Film and Television Arts sudah dikenal sebagai ajang penghargaan bergengsi untuk dunia film di Inggris sejak tahun 1949. Namun, pada tahun 1998, BAFTA meluncurkan sebuah kategori penghargaan baru yang dikhususkan untuk mengapresiasi game yang memiliki mode multiplayer bernama “BAFTA Games Award for Multiplayer”.

Kategori penghargaan ini pertama kali diberikan pada ajang BAFTA Interactive Entertainment Awards di tahun 1998 kepada game legendaris, GoldenEye 007 di konsol Nintendo 64. Sejak saat itu, penghargaan ini menjadi semakin populer dan diakui di dunia industri game.

Tahun demi tahun, kategori penghargaan ini semakin berkembang dan mengalami perubahan. Pada mulanya, kategori ini hanya diberikan untuk game yang memiliki mode multiplayer dalam platform PC dan konsol game. Namun pada tahun 2004, kategori ini diperluas untuk mencakup game dengan mode multiplayer dalam platform mobile.

Selain perluasan kategori, perubahan lain yang terjadi dalam sejarah penghargaan BAFTA untuk multiplayer adalah perubahan nama. Pada tahun 2006, BAFTA memutuskan untuk mengganti nama kategori penghargaan ini menjadi “Best Multiplayer Game” sebagai bagian dari refresh merek dan rebranding.

Tahun 2010 menjadi tahun bersejarah bagi Indonesia dalam kategori penghargaan ini. Pada saat itu, Tim Garuda, sebuah tim game developer Indonesia berhasil membawa pulang penghargaan Best Casual Game dan Best Multiplayer Game di ajang Indonesia Game Show (IGS) 2010. Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa game buatan Indonesia dapat bersaing secara global.

Indonesia kembali meraih penghargaan dari BAFTA Games Awards untuk kategori multiplayer pada tahun 2018. Game buatan Indonesia, “Hellion Orange” berhasil meraih penghargaan “BAFTA Games Beyond Entertainment”. Penghargaan ini diberikan pada game yang tidak hanya memiliki kualitas tinggi di segi gameplay, grafis, dan audio, namun juga mengangkat isu-isu sosial dan budaya yang penting.

Sejak saat itu, kiprah Indonesia dalam industri game semakin mendapat pengakuan internasional dan bahkan banyak game developer Indonesia yang terus berusaha untuk menciptakan game-game yang lebih berkualitas dan mengangkat cerita serta nilai-nilai budaya Indonesia.

Kategori Penghargaan Multi-Pemain BAFTA


Penghargaan Multi-Pemain BAFTA

Pada tahun 2019, Video Game BAFTA mengakui bahwa dua game besar dalam industri game multi-pemain di Indonesia telah menjadi nominasi dalam kategori Penghargaan Multi-Pemain BAFTA. Kedua game tersebut adalah Pro Evolution Soccer 2019 dan Monster Hunter: World. Ini memberikan kesempatan bagi pengembang game di Indonesia untuk terus tumbuh dan bersaing dengan pengembang game dari negara lain.

Kategori Penghargaan Multi-Pemain BAFTA dibagi menjadi dua sub-kategori, yaitu Multi-Pemain Online dan Multi-Pemain Game. Dalam kategori Multi-Pemain Online, game yang terlibat adalah Apex Legends, Fortnite, Sea of Thieves, Tom Clancy’s The Division 2, Call of Duty: Black Ops 4, dan Hunt: Showdown.

Apex Legends yang dikembangkan oleh Respawn Entertainment dan diterbitkan oleh Electronic Arts berhasil menjadi pemenang dalam kategori Multi-Pemain Online. Game Battle Royale yang dirilis pada Februari 2019 ini menjadi game free-to-play dengan jumlah pemain aktif terbanyak di dunia dalam waktu 8 hari pertamanya.

Sedangkan dalam kategori Multi-Pemain Game, game yang terlibat antara lain Fifa 19, Monster Hunter: World, Overcooked! 2, Super Smash Bros. Ultimate, dan Pro Evolution Soccer 2019. Pro Evolution Soccer 2019 yang dikembangkan oleh PES Productions dan diterbitkan oleh Konami berhasil menyabet penghargaan tersebut. Dalam game ini, pemain dapat memilih tim sepak bola favorit mereka dan bermain di stadion yang berbeda-beda dengan atmosfir yang sama seperti di dunia nyata. PES 2019 juga memiliki grafis yang memukau dan gameplay yang sangat baik.

Pro Evolution Soccer 2019

Pro Evolution Soccer 2019 dan Monster Hunter: World memang menjadi game yang sangat diminati oleh kalangan gamer di Indonesia. Game Monster Hunter: World memenangkan kategori Best Audio – Other pada PC Game Awards 2018 dan kategori Best Role-Playing Game pada The Game Awards 2018. Sementara itu, Pro Evolution Soccer 2019 berhasil memenangkan kategori Best Sports/Racing Game pada The Game Awards 2018.

Kedua game tersebut menunjukkan bahwa industri game di Indonesia semakin berkembang dan mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Hal ini tentunya akan memotivasi pengembang game di Indonesia untuk terus berkarya dan menghasilkan game yang lebih baik lagi di masa depan.

Pemenang Terbaru Penghargaan Multi-Pemain BAFTA


penghargaan video game bafta untuk multiplayer

Penghargaan Multi-Pemain BAFTA kini telah menjadi bagian penting dalam dunia industri game, dan para pengembang game Indonesia juga telah berhasil memenangkan penghargaan tersebut. Berikut adalah tiga pemenang terbaru penghargaan Multi-Pemain BAFTA yang berasal dari Indonesia.

penghargaan video game bafta untuk multiplayer di Indonesia

1. DreadOut 2

DreadOut 2

DreadOut 2 adalah game horor bertahan hidup dari Digital Happiness, yang berlokasi di Yogyakarta, Indonesia. Game ini memenangkan penghargaan Multi-Pemain Terbaik dalam BAFTA Games Awards 2021. Game ini menawarkan mode multiplayer hingga untuk empat pemain secara online dan offline. Mode Multiplayer dalam game ini mengizinkan pemain bekerja sama dalam puzzles dan musuh untuk bisa memanjat ke level berikutnya.

2. Among Us

Among Us

Among Us, game yang diciptakan oleh studio InnerSloth yang didirikan oleh pemuda Indonesia, Marcus Bromander. Game ini dimainkan oleh delapan pemain, di mana pemain akan mendapatkan peran sebagai space crew di luar angkasa, di mana ada satu atau beberapa pemain yang menjadi impostor yang berusaha untuk membunuh semua pemain lainnya. Pada BAFTA Games Awards tahun 2021, Among Us memenangkan penghargaan Multi-Pemain Terbaik serta tiga penghargaan lainnya.

3. Sweatshop

Sweatshop

Sweatshop adalah game simulasi manajemen jaringan distribusi dari Littleloud, yang berasal dari Surabaya, Indonesia. Di game ini, pemain akan mengetahui bagaimana membuat pakaian dalam lingkungan produksi yang sangat sulit. Game ini memenangkan penghargaan Multi-Pemain Terbaik di acara BAFTA Games Awards tahun 2014 dan telah menjadi game yang khusus dikembangkan untuk iOs dan tersedia di semua perangkat iOs.

Sweatshop

Itulah tiga pemenang terbaru penghargaan Multi-Pemain BAFTA yang berasal dari Indonesia. Indonesia memiliki banyak pengembang game yang sukses, dan di masa depan, mungkin ada banyak permainan lainnya yang akan memenangkan penghargaan BAFTA. Saat ini, penghargaan BAFTA adalah salah satu penghargaan terbaik dalam industri game dan menjadi bintang seseorang di dalam game dalam digital yang selalu menyenangkan.

Dampak penghargaan multi-pemain BAFTA pada industri game


penghargaan video game bafta untuk multiplayer

Penghargaan multi-pemain BAFTA untuk game Indonesia tentu saja akan memberikan dampak positif pada industri game Indonesia. Secara singkat, penghargaan ini akan menjadi tanda pengakuan dan penghargaan dari industri game global yang mengakui kualitas produksi Indonesia.

Kita semua tahu bahwa industri game Indonesia mulai berkembang sejak beberapa waktu lalu, namun industri game di luar negeri masih jauh lebih maju. Karena itu, penghargaan ini akan menjadi dorongan yang besar bagi industri game Indonesia agar semakin berkembang dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang diakui dalam bidang industri game di dunia.

Menunjukan Kualitas Game Multi-pemain Indonesia


game multi-pemain Indonesia

Penghargaan multi-pemain BAFTA memiliki kategori tersendiri yang menilai game dengan mode multi-pemain. Kategori ini tentu saja sangat relevan dengan kondisi game di Indonesia, yang cenderung memiliki target pasar di dalam negeri.

Dengan penghargaan ini, Indonesia akan memiliki game multi-pemain yang berkualitas tinggi yang bisa dimainkan oleh berbagai kalangan. Ini tentu menjadi keuntungan bagi pengembang game Indonesia, karena target pasar menjadi semakin luas. Kualitas produksi game Indonesia yang mencapai standart internasional menjadi alasan utama untuk menarik lebih banyak pemain dari seluruh dunia.

Motivasi Pengembang Game di Indonesia


pengembang game Indonesia

Penghargaan multi-pemain BAFTA untuk game Indonesia juga tentu saja menjadi motivasi besar bagi para pengembang game Indonesia. Dengan adanya penghargaan ini, mereka akan merasa lebih termotivasi untuk mengembangkan game dengan kualitas yang lebih baik dan inovatif.

Para pengembang game akan terdorong untuk berinovasi dan berkreasi lebih baik lagi agar bisa menghasilkan game multi-pemain yang lebih baik daripada game yang telah mendapat penghargaan. Karena itulah, publik tetap akan mendapatkan game game berkualitas tinggi dari Indonesia.

Menarik Perhatian Investor Global


investor global game

Kesuksesan dari game multi-pemain Indonesia pada penghargaan BAFTA akan membuat game Indonesia lebih terkenal di dunia game global. Dengan banyaknya perhatian dari dunia global yang mengarah ke Indonesia, investor global di dunia game akan semakin terdekat untuk melihat potensi besar di Indonesia dan menanamkan modal di Indonesia.

Selain pengembang game, investor global yang menanamkan uang di game Indonesia juga bisa merasakan keuntungan dari kesuksesan game Indonesia yang mendapat penghargaan ini. Selain itu, penghargaan ini dapat meningkatkan popularitas game dari Indonesia di banyak negara dan juga mendapat pengakuan dari pasar global.

Kemajuan Industri Game Indonesia


kemajuan industri game Indonesia

Penghargaan multi-pemain BAFTA untuk game Indonesia tentunya menjadi bukti nyata bahwa industri game Indonesia telah mengalami kemajuan yang signifikan. Industri game telah melewati fase awal yang sulit, dan saat ini telah hampir siap menjajaki pasar global.

Diharapkan dengan adanya penghargaan ini, industri game Indonesia akan semakin berkembang pesat dan mendapat pengakuan dari dunia game internasional. Kita bisa melihat, saat ini Indonesia terus melahirkan talenta-talenta game yang mampu menghasilkan game-game berkualitas tinggi. Hal ini dapat dijadikan alasan utama Indonesia telah siap bersaing di pasar global.

Leave a Comment