Aplikasi Populer Selain Video Chat di Indonesia

Kenapa perlu mengetahui aplikasi video chat yang tidak termasuk


Aplikasi chat tidak termasuk

Berbicara mengenai video chat, pasti tidak asing lagi dengan aplikasi populer seperti Skype, Facetime, Zoom, atau Duo. Tapi tahukah kamu bahwa ada juga beberapa aplikasi video chat yang tidak termasuk dalam daftar aplikasi populer tersebut.

Saat ini Indonesia memiliki lebih dari 160 juta pengguna aktif internet. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, video chat adalah salah satu alternatif komunikasi yang paling banyak digunakan, terutama untuk keperluan bisnis, pendidikan atau hanya sekedar berbicara dengan teman dan keluarga.

Namun sayangnya, video chat juga rentan dengan kejahatan siber seperti hacking atau menyebarkan konten pornografi. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui aplikasi video chat yang aman dan juga menghindari aplikasi video chat yang tidak terpercaya.

Berikut beberapa aplikasi video chat yang tidak termasuk dalam aplikasi populer:

  • Signal: Aplikasi yang pertama adalah Signal. Selain bisa melakukan panggilan video, Signal juga terkenal karena fiturnya yang mampu membendung percakapan orang lain dari pihak ketiga.
  • Houseparty: Aplikasi yang kedua adalah Houseparty. Houseparty memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video hingga delapan orang sekaligus.
  • Wire: Aplikasi video chat ketiga yang bisa menjadi alternatifpilihanmu adalah Wire. Wire adalah aplikasi video chat yang memiliki fitur keamanan tinggi, mulai dari enkripsi end-to-end, hingga privasi yang maksimal.
  • Slack: Aplikasi video chat selanjutnya adalah Slav. Selain berfungsi sebagai tempat bekerja online, Slack juga dilengkapi dengan fitur panggilan video yang memudahkan interaksi antar karyawan.
  • FaceFlow: Aplikasi video chat terakhir adalah FaceFlow. FaceFlow adalah aplikasi video chat yang bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan pengalaman baru dengan teman-teman dan keluarga. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu kamu meningkatkan keterampilan berbahasa Inggrismu.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi video chat yang terpercaya dan aman, tentunya kamu harus mempertimbangkan beberapa faktor penting. Pertama, pastikan aplikasi video chat memiliki fitur keamanan yang cukup baik, termasuk proteksi kata sandi dan enkripsi end-to-end.

Yang kedua adalah lihat ulasan dari pengguna lain mengenai aplikasi video chat yang ingin kamu gunakan. Lihat juga seberapa populer aplikasi tersebut dan bagaimana pengguna menjawabnya.

Terakhir adalah pastikan aplikasi video chat yang kamu gunakan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti jumlah pengguna atau durasi panggilan video.

Dengan mengetahui aplikasi video chat yang baik untuk digunakan, kita dapat berkomunikasi dan terhubung dengan baik dengan teman dan keluarga, tanpa khawatir akan serangan atau hack siber.

Aplikasi percakapan yang tidak mendukung panggilan video


Aplikasi percakapan yang tidak mendukung panggilan video

Di Indonesia, layanan video chat atau panggilan video menjadi penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama selama pandemi ini. Banyak aplikasi chat yang menawarkan fitur ini agar penggunanya bisa lebih mudah berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman, terutama mereka yang terpisah oleh jarak.

Namun, beberapa aplikasi chat yang tersedia di Indonesia masih belum mendukung panggilan video. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Line Lite

Line Lite

Line Lite adalah aplikasi chat yang lebih ringan dan hemat ruang dibandingkan dengan aplikasi Line resmi. Namun, aplikasi ini tidak mendukung panggilan video, sehingga penggunanya hanya bisa melakukan panggilan suara atau pesan teks saja. Meskipun demikian, pengguna Line Lite dapat tetap mengirim pesan teks, stiker, dan file multimedia kepada teman-teman mereka.

KakaoTalk

KakaoTalk

Sama seperti Line Lite, KakaoTalk juga tidak mendukung panggilan video. Aplikasi ini hanya menyediakan fitur panggilan suara dan pesan teks, meskipun penggunaannya cukup mudah dan ringan. Selain itu, pengguna KakaoTalk dapat mengirim berbagai jenis pesan teks, stiker, dan emotikon kepada teman-temannya.

Telegram

Telegram

Telegram adalah aplikasi chat yang terkenal dengan fitur keamanan dan privasinya yang tinggi. Namun, sayangnya aplikasi ini juga belum mendukung panggilan video. Pengguna hanya bisa melakukan panggilan suara atau mengirim pesan teks kepada teman-temannya. Selain itu, pengguna Telegram dapat ikut serta di berbagai grup chat yang membahas berbagai topik menarik.

WeChat

WeChat

WeChat adalah aplikasi chat yang populer di China, namun juga digunakan di Indonesia. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik, seperti panggilan suara, pesan teks, dan transfer uang. Sayangnya, WeChat tidak mendukung panggilan video, meskipun aplikasi ini memiliki fitur video call yang hanya bisa digunakan di China. Meskipun begitu, pengguna WeChat tetap bisa mengirim pesan teks, stiker, dan file multimedia kepada teman-temannya di seluruh dunia.

Viber

Viber

Viber menjadi salah satu aplikasi chat yang digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Aplikasi ini menyedia panggilan suara, pesan teks, dan transfer uang. Namun, Viber juga belum mendukung panggilan video meskipun aplikasi ini telah di update agar bisa melakukan panggilan video. Tapi tampaknya fitur video call masih memiliki kendala dan belum stabil. Pengguna Viber hanya bisa melakukan panggilan suara dan berkomunikasi melalui pesan teks.

Meskipun beberapa aplikasi chat di atas belum mendukung panggilan video, pengguna tetap bisa menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman-temannya. Pengguna bisa mengirim pesan teks, stiker, dan file multimedia, serta melakukan panggilan suara untuk tetap terhubung satu sama lain. Sebagai alternatif, pengguna juga bisa menggunakan beberapa aplikasi chat lain yang telah mendukung panggilan video, seperti WhatsApp, Skype, Zoom, atau Microsoft Teams.

Aplikasi yang hanya mendukung mode panggilan suara


aplikasi-suara

Video chat sudah menjadi salah satu fitur penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di masa pandemi ini. Berbicara dengan orang yang kita cintai atau rekan kerja melalui video chat menjadi solusi terbaik agar kita dapat terhubung satu sama lain di tengah pandemi ini. Indonesia sendiri memiliki berbagai aplikasi video chat yang bisa Anda gunakan seperti Zoom, Google Meet, Skype, WhatsApp dan masih banyak lagi.

Namun, tidak semua aplikasi video chat mendukung mode panggilan video. Beberapa di antaranya hanya memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara.

aplikasi-suara

1. Line

Line adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer, terutama di Indonesia. Line tidak hanya memungkinkan Anda mengirimkan pesan teks, tetapi juga panggilan suara dan video. Namun, sayangnya aplikasi ini tidak menyediakan opsi untuk melakukan panggilan video grup dan hanya memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara. Namun, jangan khawatir, Anda tetap bisa menggunakan fitur panggilan suara yang tersedia di Line untuk tetap terhubung dengan orang yang Anda sayangi.

2. BBM

Yang dulunya dikenal sebagai BlackBerry Messenger, BBM adalah aplikasi pesan instan yang dirancang khusus untuk pengguna BlackBerry. Aplikasi ini lama menjadi dominan di Indonesia dan menjadi alat komunikasi paling populer pada masanya. Namun sejak berganti kepemilikan, BBM mulai kehilangan dominasi dan mulai bersaing dengan aplikasi baru. Seperti halnya Line, BBM hanya mendukung mode panggilan suara dan tidak memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan video. Meskipun begitu, aplikasi BBM tetap banyak digunakan oleh pengguna BlackBerry, meski penggunanya tidak sebanyak dulu.

3. Skype Lite

skype-lite

Skype Lite adalah versi ringan dari aplikasi video chat Skype khusus untuk pengguna di India dan Indonesia. Aplikasi ini hadir dengan fitur yang lebih sedikit dan memakan lebih sedikit data, sehingga lebih cocok bagi pengguna yang memiliki koneksi internet yang kurang baik. Meskipun begitu, aplikasi ini hanya mendukung mode panggilan suara dan tidak menyediakan opsi untuk melakukan panggilan video. Namun, aplikasi Skype Lite tetap bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang ingin tetap terhubung dengan orang terdekat melalui panggilan suara.

4. Telegram

Telegram menjadi salah satu aplikasi messaging yang populer di Indonesia, terutama sebagai alternatif dari WhatsApp. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan bisa digunakan untuk kirim pesan teks, suara, foto, video, panggilan suara, dan masih banyak lagi. Namun, sama seperti aplikasi lain yang ada di daftar ini, Telegram belum memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan video. Tapi jangan khawatir, Telegram tetap memberikan solusi untuk tetap terhubung dengan orang yang ada di kontak kita melalui panggilan suara yang disediakannya.

Dalam kesimpulannya, meskipun masih ada aplikasi yang tidak mendukung fitur panggilan video, pengguna bisa menggunakan fitur panggilan suara yang tersedia untuk tetap terhubung dengan orang yang ada di sana. Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak alternatif aplikasi video chat yang lebih lengkap fiturnya dan cocok digunakan di masa pandemi ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba aplikasi yang tersedia.

Alternatif Aplikasi Komunikasi untuk Berbagai Kebutuhan


alternatif aplikasi komunikasi

Video chat memang sudah menjadi kebutuhan dasar dalam era digital seperti saat ini. Namun, tidak selalu video chat menjadi pilihan terbaik dalam berkomunikasi. Ada berbagai situasi di mana aplikasi komunikasi alternatif seperti e-mail, pesan instan, atau panggilan suara menjadi pilihan yang lebih tepat. Berikut adalah alternatif aplikasi komunikasi untuk berbagai kebutuhan di Indonesia.

Panggilan Suara


panggilan suara whatsapp

Jika Anda sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan video call melalui aplikasi chatting, panggilan suara dapat menjadi solusi yang tepat untuk menjaga komunikasi tetap berjalan dengan baik. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk panggilan suara antara lain WhatsApp, LINE, dan Skype.

Pesan Instan


pesan instan Indonesia

Pesan instan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Dalam beberapa situasi, pengguna juga lebih memilih pesan instan daripada panggilan suara atau video call karena lebih nyaman dan praktis. Beberapa aplikasi pesan instan populer di Indonesia, seperti WhatsApp, Telegram, dan Facebook Messenger dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan ini.

E-mail


email Indonesia

E-mail mungkin sudah terbilang kuno, tapi tetap menjadi salah satu alternatif aplikasi komunikasi yang efektif terutama dalam lingkungan kerja atau bisnis. Aplikasi e-mail seperti Gmail dan Yahoo Mail dapat membantu pengguna untuk melakukan bisnis, mengirim dokumen-dokumen penting, serta berkomunikasi dengan rekan kerja atau klien.

File Sharing


file sharing Indonesia

Seiring dengan berkembangnya teknologi, file sharing kini menjadi salah satu alternatif aplikasi komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh pengguna internet. Dalam banyak situasi, file sharing dapat membantu pengguna mengirim dokumen, foto, atau video tanpa harus mengorbankan kualitas dan kecepatan. Beberapa aplikasi file sharing populer di Indonesia seperti Google Drive, Dropbox, dan WeTransfer bisa menjadi pilihan tepat, terutama bagi pengguna yang selalu terkendala dalam mengirim file dari e-mail.

Sosial Media


sosial media Indonesia

Aplikasi sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, juga bisa digunakan sebagai alternatif aplikasi komunikasi karena pengguna dapat berinteraksi dengan rekan, teman, dan keluarga melalui fitur DM (Direct Message) atau pesan pribadi. Terutama bagi pengguna yang lebih suka menggunakan platform media sosial dalam aktifitas sehari-hari, sosial media menjadi pilihan alternatif yang praktis untuk menjaga komunikasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Demikianlah beberapa alternatif aplikasi komunikasi yang bisa digunakan sebagai pengganti video chat dalam situasi yang berbeda-beda. Sebaiknya kamu tahu aplikasi mana yang sebaiknya kamu gunakan untuk menjaga komunikasi tetap lancar, nyaman, dan produktif.

Leave a Comment