Empowering the Visually Impaired: Aplikasi Untuk Tuna Netra di Indonesia

Mengenal Aplikasi untuk Tuna Netra


Tuna Netra in Indonesia

Indonesia is home to thousands of individuals with visual impairment, also known as “tuna netra.” These individuals often require additional tools and resources to help navigate their daily lives. Fortunately, there are now numerous applications or aplikasi specifically designed to cater to the needs of the visually impaired community.

These apps provide a wide range of features, assisting users in everything from education to transportation to health and safety. Let’s take a closer look at some of the most popular aplikasi for tuna netra in Indonesia:

Eyes-Free Fitness


Eyes-Free Fitness

Eyes-Free Fitness is one of the most trusted fitness apps for individuals with a visual impairment. It comprises a selection of audio-guided workouts, allowing its users to stay fit and healthy independently. The app has a range of workout regimes, including walking, running, and yoga, all of which come with detailed instruction to help users stay on track with their fitness goals.

Beyond such exercises and instructions, the app has upgraded other features to assist users like finding safe routes within the neighborhood to promote daily travels and activities.

Speechify


Speechify

Speechify has grown as one of the most popular aplikasi for the visually impaired community in recent years. This app uses sophisticated text-to-speech software, which helps read documents, texts, books, and other written materials. If its user is maneuvering the app’s range of features, the app reads aloud the text, making them more accessible.

Beyond such a simple function, Speechify’s users can also customize the app’s compliance with their needs and adapt the audiobooks and audio materials to fit their personal preferences on speaking pace and pitch, offering bespoke and personalized listening experiences.

Bank BRI Mobile


Bank BRI Mobile

Bank BRI Mobile is a mobile banking app, designed explicitly for people with visual impairments. The app features a user-friendly interface that is simple to navigate, with large and contrasting text sizes and buttons, ensuring its users can transact with ease.

The app has a voice instruction feature that guides the user through the transactions, making them more accessible. In addition to the audio instructions feature, the app is also equipped with exclusive features that enable all types of banking transactions, from checking one’s account balance to doing bank transfers without needing to visit an ATM or over counter.

Gojek


Gojek

Gojek, the prominent transportation and on-demand service application in Indonesia, has become popular amongst visually-impaired individuals as well. The app has a user-friendly interface that is well organized with audible directions guides for users. The app’s features also allow checking the estimated times of arrival, vehicle tracking while making payments at their destination with minimal hassle.

Beyond such features, the app regularly provides several accessibility and security upgrades, enabling an enhanced user experience and securing its user’s transactions and safety.

In Conclusion

The widespread of technology brings significant changes across industries and communities. As mentioned earlier, it has positively altered how people with visual impairments can now participate and enjoy vast varieties of digitally operated services like education, healthcare, employment, transportation, and many others. As these aplikasi continue to progress and grow, it’s easy to see how more and more individuals are being given the freedom to lead more comprehensive, fulfilling lives in Indonesia.

Fungsi-fungsi Aplikasi bagi Tuna Netra


Aplikasi untuk tuna netra in Indonesia

Aplikasi untuk tuna netra saat ini semakin banyak dikembangkan di Indonesia. Berbagai aplikasi dengan fungsinya masing-masing hadir untuk memudahkan mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa fungsi yang dimiliki oleh aplikasi untuk tuna netra.

Pendidikan

Aplikasi untuk tuna netra dalam pendidikan in Indonesia

Aplikasi pendidikan khusus tuna netra sudah banyak dikembangkan oleh Pemerintah maupun pihak swasta. Aplikasi seperti simulasi huruf Braille dan Alquran digital khusus tuna netra bisa diunduh melalui Playstore. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk menjadikan proses belajar tuna netra menjadi lebih mudah, praktis dan diharapkan meningkatkan minat mereka dalam mendalami ilmu pengetahuan dan agama.

Transportasi

Aplikasi untuk tuna netra dalam transportasi in Indonesia

Aplikasi transportasi khusus tuna netra juga sudah banyak tersedia di Indonesia. Aplikasi seperti Moovit dan BlindSquare membantu tuna netra dalam menemukan lokasi transportasi umum, seperti halte busway, stasiun kereta api dan halte bus. Tidak hanya itu, aplikasi BlindSquare juga membantu tuna netra dalam mengetahui jarak dan rute yang harus ditempuh saat berjalan kaki.

Kesehatan

Aplikasi untuk tuna netra dalam kesehatan in Indonesia

Aplikasi kesehatan khusus tuna netra juga hadir untuk membantu memudahkan tuna netra dalam mengakses informasi tentang kesehatan. Aplikasi seperti Medisiana, VizWiz dan Be My Eyes sangat membantu tuna netra dalam mendapatkan konsultasi medis online, informasi produk obat, serta informasi umum mengenai kesehatan. Selain itu, aplikasi Be My Eyes juga membantu tuna netra dalam mengakses informasi label produk, sehingga mereka tidak kesulitan dalam memilih produk yang dibutuhkan

Hiburan

Aplikasi untuk tuna netra dalam hiburan in Indonesia

Tidak hanya aplikasi khusus pendidikan dan kesehatan, aplikasi hiburan juga hadir untuk memudahkan tuna netra dalam menghibur diri. Aplikasi seperti Talking Watch, Blind Film Festival, dan Blind Odyssey sangat membantu tuna netra dalam menonton film atau video, mendengarkan musik, dan bahkan memainkan game.

Dalam kesempatan lain, Rini Darmastuti, peneliti Institute of Informatics and Business Darmajaya, menyebutkan bahwa untuk pengembangan aplikasi tuna netra ke depannya, harus melibatkan tuna netra sebagai pengguna terkait dalam tahap desain, pengembangan, pengetesan, dan evaluasi dari aplikasi tersebut. Dengan demikian, diharapkan aplikasi tersebut dapat lebih sesuai dengan kebutuhan pemakainya serta berjalan dengan baik.

Kelebihan dan Kelemahan Aplikasi untuk Tuna Netra


Aplikasi untuk Tuna Netra

Aplikasi untuk tuna netra menjadi solusi untuk membantu kebutuhan berbagai aspek dalam kehidupan mereka. Namun, aplikasi untuk tuna netra tidak dapat dijadikan solusi tunggal bagi semua masalah dari kebutuhan tuna netra.

Kelebihan dari aplikasi untuk tuna netra ini adalah adanya kemudahan dalam akses informasi dan aksesibilitas pada berbagai aktivitas sehari-hari. Di Indonesia, terdapat aplikasi seperti Waze dan Google Maps yang menyediakan informasi rute dan lokasi, serta memudahkan tuna netra untuk menavigasi perjalanan mereka.

Tak hanya GPS, aplikasi untuk tuna netra juga dapat membantu dalam urusan keuangan. Contohnya, BTPN Wow!, layanan perbankan digital yang memiliki opsi bagi tuna netra untuk menggunakan perangkat suara yang dapat mempermudah transaksi seperti transfer antar rekening dan bayar tagihan.

Tidak hanya itu, terdapat aplikasi yang dapat membantu dalam memilih pakaian, seperti aplikasi Lady Apparel yang dapat menyarankan jenis pakaian yang dipakai dan juga memberikan penjelasan terkait detail pakaian tersebut.

Selain itu, beberapa aplikasi juga dapat membantu dalam pengenalan objek dan orang di sekitar mereka. Aplikasi seperti Seeing AI dan VoiceVision dapat memberikan deskripsi tentang objek, warna, dan wajah orang di sekitar tuna netra, sehingga memungkinkan mereka mendapatkan informasi yang sama seperti orang yang memiliki pengelihatan normal.

Namun, kelemahan dari aplikasi untuk tuna netra adalah keterbatasan teknologi dan pengalaman pengguna. Beberapa konsumen merasa bahwa aplikasi tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, atau teknologi yang digunakan belum sepenuhnya matang sehingga memberikan pengalaman yang kurang baik.

Salah satu contoh adalah aplikasi VoiceVision yang terkadang kesulitan dalam mengenali objek di sekitar pengguna, sehingga memberikan deskripsi yang tidak akurat. Selain itu, aplikasi yang tergantung pada suara dapat terganggu oleh lingkungan yang bising di sekitar.

Terakhir, ada juga masalah biaya yang harus dikeluarkan dalam penggunaan aplikasi. Beberapa aplikasi untuk tuna netra membutuhkan biaya langganan bulanan atau tahunan untuk penggunaan fitur-fiturnya. Hal ini tentu menjadi beban bagi tuna netra yang tergolong tidak memiliki banyak penghasilan.

Dalam kesimpulannya, aplikasi untuk tuna netra memiliki kelebihan dan kelemahan yang perlu diperhatikan. Namun, dibanding kelemahan yang dimilikinya, kelebihan aplikasi untuk tuna netra jauh lebih banyak sehingga tetap memberikan dampak yang positif bagi kehidupan tuna netra.

Aplikasi Gratis vs. Berbayar untuk Tuna Netra


Tuna Netra Indonesia

Di Indonesia, aplikasi untuk tuna netra tersedia dalam dua jenis, yaitu aplikasi gratis dan berbayar. Pilihan harga ini sangat penting karena ada sebagian tuna netra yang mengalami kesulitan ekonomi. Namun dilihat dari sisi pengembang aplikasi, biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan aplikasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada kualitas aplikasi yang dapat diberikan kepada pengguna. Oleh karena itu, kualitas aplikasi yang gratis dan berbayar dapat saja sangat berbeda.

Aplikasi gratis banyak diminati oleh tuna netra, karena ekonomis dan mudah diakses. Di Indonesia, salah satu contohnya yaitu Sinta. Sinta adalah aplikasi pembaca layar suara yang mudah digunakan, baik itu untuk mengakses pesan WhatsApp, membaca e-book, browsing, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi buatan Indonesia ini juga menyediakan fitur virtual assistant yang dapat membantu untuk melakukan perintah suara, keyboard virtual, dan dukungan bahasa Indonesia.

Sinta

Walaupun aplikasi gratis terlihat menarik, namun kualitas lebih ditentukan oleh jenis aplikasi berbayar. Jenis aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan solusi lebih maksimal bagi penggunanya. Contoh aplikasi berbayar yang populer di Indonesia yaitu JAWS (Job Access With Speech). JAWS merupakan aplikasi antarmuka pengguna layar yang membaca teks pada monitor dan mengirimkan suara keluaran yang mudah dipahami oleh pengguna.

JAWS Indonesia

Aplikasi JAWS dibuat secara khusus untuk membantu tuna netra dalam mengoperasikan komputer dengan lancar dan efektif. Dalam hal ini, kualitas yang didapatkan dari aplikasi berbayar jelas berbeda dengan aplikasi gratis. Selain itu, aplikasi berbayar yang dikeluarkan oleh pengembang besar juga menjamin kualitas aplikasi berupa pembaruan dan dukungan teknis oleh tim ahli.

Namun, meski bagus kualitasnya, harga aplikasi berbayar kadang terkadang cukup mahal. Hal itu memaksa tuna netra untuk memilih menggunakan aplikasi gratis namun dengan kualitas yang dirasa kurang memuaskan.

Dalam memilih aplikasi, baik gratis maupun berbayar, tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Pengguna perlu meninjau kualitas aplikasi dan efektivitas yang dihasilkan, sekaligus menentukan sesuai dengan kemampuan finansial mereka. Jadi, dalam memilih aplikasi tuna netra, apapun pilihannya, perlu dipertimbangkan secara matang untuk mendapatkan pengalaman penggunaan terbaik.

Rekomendasi Aplikasi yang Berguna bagi Tuna Netra


Aplikasi untuk Tuna Netra di Indonesia

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh para tunanetra di Indonesia dengan bantuan teknologi informasi. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat mempermudah hidup mereka.

1. Blind Explorer


Blind Explorer

Blind Explorer adalah aplikasi navigasi offline yang dirancang untuk memandu orang buta. Aplikasi ini menggunakan teknologi Text-To-Speech (TTS) untuk memberikan panduan jalan dan juga menggunakan aksesibilitas untuk lebih mudah digunakan. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur setingan untuk mencari jalur yang terdekat, dan fitur voice input dapat dengan mudah mencari tempat atau tujuan.

2. Voice Dream Reader


Voice Dream Reader

Aplikasi Voice Dream Reader adalah aplikasi pembaca teks yang sangat berguna bagi para tunanetra. Aplikasi ini mampu membaca buku-buku elektronik, dokumen, artikel, dan lainnya menggunakan teknologi Text-To-Speech (TTS) dan dapat memutar audio atau video dengan terjemahan teks. Voice Dream Reader juga memiliki fitur untuk menyesuaikan kecepatan baca dan intonasi suara agar terdengar lebih natural.

3. Be My Eyes


Be My Eyes

Aplikasi Be My Eyes adalah aplikasi yang dirancang untuk membagikan antara pengguna tuna netra atau pengguna normal untuk membantu mereka melakukan tugas sehari-hari. Aplikasi ini memungkinkan pengguna tuna netra melihat melalui kamera ponsel orang normal dan minta bantuan untuk membaca atau mengidentifikasi benda. Aplikasi ini membantu memudahkan hidup para tunanetra untuk mengikuti perkembangan di lingkungan sekitar mereka.

4. Seeing AI


Seeing AI

Seeing AI adalah aplikasi pengenalan gambar yang dapat membantu tuna netra. Aplikasi ini mampu memindai dan mengidentifikasi objek sehari-hari, membaca teks, mengenali wajah orang, menjelaskan pengaturan ruangan, dan bahkan mengetahui warna. Keterampilan pengenalan gambar ini membantu para tunanetra untuk memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

5. Aira


Aira

Aira adalah aplikasi berbayar, namun sangat bermanfaat untuk para tuna netra. Aplikasi ini menyediakan aksesibilitas serta bantuan asistensi melalui teknologi penglihatan buatan (AI) dan menggunakan ponsel pintar berkamera melalui video. Pengguna aplikasi Aira dapat meminta bantuan yang dapat membantu mereka setiap saat misalnya bantuan membaca produk di supermarket atau meminta bantuan untuk mendapatkan rute terdekat.

Dengan bantuan teknologi informasi, para tunanetra dapat melakukan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari mereka dengan lebih mudah. Aplikasi di atas adalah contoh dari beberapa aplikasi yang sangat membantu kehidupan para tunanetra di seluruh Indonesia.

Leave a Comment