Keamanan Terjamin dengan Aplikasi Pengunci Komputer

Pengenalan Aplikasi untuk Mengunci Komputer


Laptop dan komputer yang sudah diatur dalam keadaan kunci dan pesan kesalahan modern

Di zaman yang serba digital sekarang ini, keamanan data sangatlah penting. Terutama pada komputer atau laptop yang menjadi salah satu sumber penyimpanan data pribadi atau data kantor. Dalam menjaga keamanan itu, kita perlu mengunci komputer ketika meninggalkannya agar tidak mudah diakses oleh orang lain.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengunci komputer, salah satunya dengan menggunakan aplikasi khusus yang biasa disebut sebagai aplikasi pembatas akses. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan pengunci pada komputer agar hanya user tertentu saja yang dapat membuka. Secara otomatis, aplikasi ini akan terus melakukan pengamanan komputer bahkan ketika pengguna meninggalkan komputernya.

Tidak semua orang mampu membuat aplikasi pembatas akses yang baik, tetapi setidaknya kita bisa mengenali beberapa aplikasi pembatas akses yang populer di Indonesia. Di sini, kami akan menjelaskan beberapa aplikasi populer dari pembatas akses yang dapat kita gunakan untuk mengunci komputer.

1. Predator


Predator

Predator adalah salah satu aplikasi pembatas akses terbaik untuk melindungi privasi kita. Aplikasi ini bekerja dengan cara satu kali memasangkan USB flashdisk yang kemudian berfungsi seperti kunci agar bisa mengakses sistem pada komputer/laptop.

Cara penggunaannya cukup mudah, instal aplikasi Predator kemudian jalankan. Kemudian pasang USB flashdisk, lalu atur parameter yang kita inginkan pada aplikasi untuk setiap kali mengunci dan membuka komputer. Isi password untuk pengaturan semuanya melalui aplikasi. Setelah itu, komputer akan terkunci ketika tidak ada USB yang terpasang di komputer saat kita meninggalkan komputer. Aplikasi ini sepenuhnya gratis untuk digunakan.

2. Blueface


Blueface image

Blueface merupakan aplikasi lain yang dapat dipertimbangkan sebagai opsi pembatas akses untuk mengunci komputer. Aplikasi ini menawarkan perlindungan tidak hanya pada user, tetapi juga pada berkas-berkas yang ada pada komputer/laptop kita.

Dalam menggunakan Blueface, kamu diharuskan untuk membuat akun dengan perincian untuk mengatur password dan pengaturan lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur tambahan seperti Anti-Keyloger, Sandbox, dan Parental Control.

Fitur Anti-Keyloger pada Blueface berfungsi untuk melindungi dari program jahat keylogger yang berpotensi mencuri kata sandi atau data penting lainnya. Selain itu, Sandbox berguna untuk menjaga privasi kita ketika browsing web di browser yang memanfaatkan aplikasi Sandbox sebagai plugin-nya.

3. Rohos Logon Key


Rohos Logon Key image

Software pengunci komputer dari Rohos Logon Key merupakan solusi aman yang lain untuk yang digunakan untuk mengunci sistem operasi kita untuk user tertentu. Rohos Logon Key menghadirkan metode otomatis yang menggunakan USB flashdisk sebagai kunci aksesnya.

Setelah membuat akun di aplikasi Rohos Logon Key, pengguna dapat segera mengaktifkan pengunciannya untuk melindungi komputer dari pengaksesan luar. Rohos Logon Key dapat mengunci komputer dalam beberapa detik setelah user meninggalkan area kerja, dan akan terkunci secara otomatis jika USB flashdisk dihapus atau tidak terhubung.

Dalam penggunaannya, aplikasi ini dapat menyediakan opsi tambahan, seperti penggunaan PIN password atau bahkan password biometrik (jika komputer atau laptop yang digunakan sudah tersedia fitur sensor sidik jari). Rohos Logon Key dibanderol dengan harga sekitar 480.000 rupiah per lisensi.

Itulah beberapa aplikasi pembatas akses yang populer di Indonesia yang dapat kita gunakan untuk mengunci komputer. Memilih aplikasi pembatas akses yang tepat dengan kebutuhan kita masing-masing tentu menjadi hal yang penting. Semoga penjelasan di atas dapat membantu dalam memilih aplikasi pembatas akses untuk menjaga keamanan data di komputer/laptop kita.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Pengunci Komputer


locked computer screen

Di era digital seperti sekarang, pengamanan data dan privasi menjadi suatu hal yang penting. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pengunci komputer. Aplikasi ini bisa digunakan oleh semua orang, baik itu individu maupun perusahaan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi pengunci komputer, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Pengunci Komputer

1. Melindungi Data dan Privasi Pengguna

computer privacy

Dengan menggunakan aplikasi pengunci komputer, pengguna dapat memastikan bahwa data dan privasi mereka terjaga. Sebab, data dan informasi yang tersimpan dalam komputer merupakan milik pribadi dan penting untuk diketahui oleh orang lain. Misalnya, data keuangan, dokumen penting, dan file-file pribadi lainnya yang sifatnya rahasia. Aplikasi pengunci komputer dapat mencegah akses tanpa izin terhadap data tersebut.

2. Mudah Digunakan

locked computer

Aplikasi pengunci komputer sangat mudah digunakan oleh siapa saja. Pengguna hanya perlu mengatur waktu kunci layar sesuai dengan keinginan. Selain itu, aplikasi pengunci komputer juga tersedia dalam berbagai bahasa sehingga mudah dipahami oleh semua orang.

3. Meningkatkan Keamanan Komputer

cybersecurity

Penggunaan aplikasi pengunci komputer dapat meningkatkan tingkat keamanan komputer. Dengan mengunci komputer ketika meninggalkannya, pengguna dapat mencegah akses tanpa izin dan melindungi data dari pencurian atau serangan cyber.

Kekurangan Menggunakan Aplikasi Pengunci Komputer

1. Risiko Lupa Password

forgot password

Mengunci komputer tentu membutuhkan password atau PIN yang hanya diketahui oleh pengguna. Namun, risikonya adalah ketika pengguna lupa password atau PIN tersebut. Jika hal ini terjadi, maka pengguna tidak dapat membuka atau mengakses komputernya. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu mencatat password atau PIN di tempat yang aman dan mudah diingat.

2. Memakan Ruang RAM

computer RAM

Seperti aplikasi lainnya, aplikasi pengunci komputer juga memakan ruang RAM pada komputer. Ini bisa menjadi masalah jika komputer yang digunakan memiliki kapasitas RAM yang terbatas. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan, maka komputer akan menjadi lambat dan performanya menurun.

3. Sering Perlu Login Ulang

login

Jika pengguna sering meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang singkat, maka aplikasi pengunci komputer akan mengunci komputer secara otomatis. Hal ini membuat pengguna perlu melakukan login ulang setiap kali ingin membuka komputernya. Meskipun hal ini bisa diabaikan, namun tetap saja mengganggu dan membuat waktu kerja menjadi tidak efektif..

Dalam mengunci komputer ada kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi pengunci komputer, pastikan untuk memilih aplikasi yang cocok dengan kebutuhan dan kapasitas komputer. Penting juga untuk selalu mencatat password dan PIN di tempat yang aman dan mudah diingat. Dengan menggunakan aplikasi pengunci komputer, data dan privasi akan terjaga serta dapat meningkatkan keamanan komputer. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi pengunci komputer memakan ruang RAM dan bisa mengganggu waktu kerja jika perlu login ulang terlalu sering.

Cara Menggunakan Aplikasi untuk Mengunci Komputer


Cara Mengunci Komputer

Saat ini, keamanan komputer sangat penting. Setiap orang harus memiliki cara untuk menjaga data pentingnya agar tidak dicuri atau diakses oleh orang yang tidak berwenang. Salah satu cara terbaik untuk memastikan keamanan adalah dengan menggunakan aplikasi pengunci komputer.

Berikut adalah panduan tentang cara menggunakan aplikasi untuk mengunci komputer:

1. Download dan instal aplikasi pengunci komputer

aplikasi pengunci komputer

Carilah aplikasi untuk mengunci komputer di internet dan download aplikasi yang terbaik menurut anda. Setelah download selesai maka install aplikasi tersebut pada komputer anda.

2. Buka aplikasi pengunci komputer

Saat anda membuka aplikasi pengunci komputer, maka anda akan melihat tampilan awal aplikasi tersebut. Pada bagian atas halaman, terdapat beberapa opsi pengaturan yang dapat anda sesuaikan. Pilihlah opsi pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Setel Sandi Pengaman

setel sandi pengaman

Selanjutnya, anda harus mengatur sandi pengaman pada aplikasi tersebut. Input kata sandi yang kuat dan pilih opsi pembuatan ulang kata sandi ini dengan memasukkan jenis-jenis kata sandi lain yang akan digunakan jika anda lupa kata sandi pertama anda.

4. Tentukan waktu penguncian layar

tentukan waktu penguncian layar

Setelah menentukan sandi pengaman, selanjutnya anda dapat memilih waktu penguncian layar. pilihlah waktu yang paling sesuai untuk anda dan terapkan pengaturan tersebut.

5. Kunci Komputer Anda

Kunci Komputer Anda

Setelah menjalankan aplikasi pengunci komputer dan mencoba beberapa pengaturan, anda dapat langsung mengunci komputer anda dengan mengklik tombol kunci atau menunggu komputer anda untuk masuk ke mode sleep jika anda tidak aktif menggunakan komputer selama waktu yang telah ditentukan.

Demikian panduan tentang cara menggunakan aplikasi untuk mengunci komputer. Anda perlu terus memperbarui aplikasi anti-virus dan menjaga sandi pengaman komputer anda agar tetap aman dari ancaman cyber atau dari orang-orang yang mencoba mengakses data pribadi anda.

Rekomendasi Aplikasi Pengunci Komputer Terbaik


Aplikasi Pengunci Komputer Terbaik

Ketika Anda bekerja di depan komputer, adakalanya Anda harus meninggalkan tempat kerja Anda untuk beberapa waktu. Namun, meninggalkan komputer Anda terbuka tanpa pengamanan dapat membuka risiko data Anda diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, Anda memerlukan sebuah aplikasi pengunci komputer yang bisa menjaga keamanan komputer Anda ketika Anda tidak di dekat komputer.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi pengunci komputer terbaik yang dapat Anda pilih.

1. Predator


Predator

Predator adalah aplikasi pengunci komputer yang unik. Aplikasi ini menggunakan USB sebagai kunci untuk membuka kunci komputer Anda. Jadi, tanpa USB yang telah Anda tentukan sebelumnya, orang lain tidak akan bisa membuka kunci komputer Anda. Dalam situasi darurat, misalnya, jika USB Anda hilang, Anda bisa menggunakan kata sandi untuk membuka kunci komputer Anda. Aplikasi Predator tersedia gratis namun dengan batasan, jika mau lebih maksimal harus membeli lisensinya.

2. Eusing Maze Lock


Eusing Maze Lock

Jika Anda ingin mengunci komputer Anda dengan cara yang unik, Eusing Maze Lock dapat menjadi pilihan terbaik. Aplikasi ini menggunakan pola berbentuk maze atau labirin sebagai pengunci. Pengguna bisa memilih satu pola yang berbeda-beda setiap kali mengunci komputer Anda. Eusing Maze Lock tersedia gratis.

3. Rohos Logon Key


Rohos Logon Key

Rohos Logon Key adalah aplikasi pengunci komputer yang memanfaatkan USB flash drive sebagai kunci. Namun, Rohos Logon Key tidak hanya berhenti di situ, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai pengganti password Windows Anda. Sehingga, ketika Anda memasukkan USB flash drive ke dalam komputer, Windows akan membuka kunci dan Anda dapat langsung masuk ke desktop. Rohos Logon Key berbayar namun tersedia juga versi trial dengan fitur yang terbatas.

4. ClearLock


ClearLock

Aplikasi pengunci komputer terakhir yang dapat Anda gunakan adalah ClearLock. Keunikan dari aplikasi ini adalah tidak memerlukan koneksi internet untuk digunakan. ClearLock akan mengunci komputer Anda secara otomatis ketika time out atau ketika Anda menekan tombol kunci yang telah ditetapkan sebelumnya. Waktu timeout disediakan dalam beberapa pilihan, misalnya 5 menit atau 10 menit setelah pengguna meninggalkan komputer. ClearLock tersedia gratis sebagai aplikasi open source.

Itu dia beberapa aplikasi pengunci komputer terbaik yang bisa Anda pilih. Setiap aplikasi memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Memilih aplikasi pengunci komputer yang tepat dapat memberikan rasa aman dan nyaman ketika meninggalkan komputer Anda.

Solusi Alternatif selain Menggunakan Aplikasi Pengunci Komputer


Solusi Alternatif Mengunci Komputer

Ketika berbicara tentang mengamankan komputer, pengguna sering kali langsung terpikir menggunakan aplikasi pengunci komputer. Namun, sebenarnya ada beberapa solusi alternatif lain yang juga dapat membantu meningkatkan keamanan komputer Anda. Berikut adalah beberapa solusi alternatif tersebut:

1. Menggunakan Password yang Kuat


Password yang Kuat

Menggunakan password yang kuat adalah salah satu cara termudah dan termurah untuk meningkatkan keamanan komputer Anda. Pastikan password yang Anda buat terdiri dari gabungan huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Hindari menggunakan password yang mudah untuk ditebak, seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan Anda.

2. Menonaktifkan Fitur Auto-login


Menonaktifkan Fitur Auto-login

Fitur auto-login memungkinkan Anda untuk langsung masuk ke dalam sistem tanpa harus memasukkan password. Meskipun fitur ini dapat mempermudah akses ke komputer, namun fitur ini dapat menurunkan tingkat keamanan komputer Anda. Sebaiknya, nonaktifkan fitur ini agar setiap kali Anda ingin menggunakan komputer, Anda harus memasukkan password terlebih dahulu.

3. Mengaktifkan Firewall


Mengaktifkan Firewall

Firewall adalah software atau hardware yang berfungsi untuk melindungi komputer dari serangan dari luar. Dengan mengaktifkan firewall, komputer Anda akan menjadi lebih sulit untuk diakses oleh orang lain tanpa izin. Pastikan firewall Anda selalu aktif agar komputer Anda tetap aman.

4. Update Software Secara Berkala


Update Software Secara Berkala

Perusahaan software selalu mengeluarkan update terbaru untuk perangkat lunak mereka guna mengatasi bug dan celah keamanan. Jika Anda tidak mengupdate software secara berkala, maka itu berarti Anda memberikan kesempatan bagi orang lain untuk mengakses komputer Anda melalui celah keamanan yang belum diperbaiki. Pastikan untuk selalu mengupdate software komputer Anda secara berkala.

5. Memasang Kamera Pengawas


Memasang Kamera Pengawas

Jika Anda ingin memastikan keamanan komputer Anda ketika sedang tidak di depan komputer, Anda dapat memasang kamera pengawas. Ada banyak aplikasi kamera pengawas yang dapat diunduh secara gratis dari internet. Pasang kamera pengawas di ruangan Anda, sehingga Anda dapat memonitor komputer Anda dari jarak jauh.

Itulah beberapa solusi alternatif yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan komputer Anda selain menggunakan aplikasi pengunci komputer. Dengan menerapkan solusi tersebut, Anda dapat merasa lebih tenang dan aman ketika menggunakan komputer.

Leave a Comment