Aplikasi Portofolio: Solusi Mudah untuk Membuat Portofolio Profesional di Indonesia

Kenapa penting membuat portofolio di era digital


Kenapa penting membuat portofolio di era digital

Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, memberikan pengaruh besar terhadap dunia kerja, termasuk di Indonesia. Banyak pekerjaan mengalami pergeseran dari di kantor menjadi remote work atau work from home (WFH). Guna meningkatkan peluang ketenagakerjaan, kemampuan membuat portofolio menjadi penting di era digital masa kini. Apa itu portofolio dan mengapa penting dalam era digital? Ini ulasan lengkapnya!

Apa Itu Portofolio?

Sebuah portofolio adalah kumpulan materi kerja yang dihasilkan oleh seseorang sebagai catatan mengenai kemampuan dan kompetensinya. Portofolio yang digunakan untuk tujuan pekerjaan biasanya berisi portofolio pendidikan dan karir. Portofolio pendidikan berisi karya-karya yang dibuat ketika masih sekolah atau kuliah, seperti tugas dan proyek yang sukses diselesaikan. Sedangkan portofolio karir lebih menampilkan prestasi-pestatu dalam pekerjaan yang pernah dijalani contohnya jika sering ikut dalam pertandingan hackathon, pemenang hackathon yang pernah diraih, dan bagaimana cara memecahkan masalah pada proyek-produk yang pernah dikerjakan.

Kenapa Penting Membuat Portofolio di Era Digital?

Dalam era digital, cara mendapatkan informasi mengenai pekerjaan tidak lagi membutuhkan waktu lama dan sulit. Biasanya pekerjaan yang diinginkan telah tersedia di marketplace kerja seperti Jobstreet, Linkedin, atau Indeed. Namun, persaingan di dunia kerja juga semakin ketat. Membuat portofolio yang menarik dapat menjadi pelengkap keunggulan dalam meyakinkan recruiter/HRD pada saat melamar pekerjaan melalui marketplace online. Berikut adalah alasan penting mengapa membuat portofolio di era digital sangat penting:

  1. Mendapatkan pekerjaan lebih mudah
  2. Saat mencari dan melamar pekerjaan, biasanya HRD akan mencari informasi di media sosial seperti Linkedin, Twitter, atau Github untuk melihat portofolio yang kamu miliki. Jadi jika kamu memiliki portofolio yang baik, maka kesempatan untuk mendapat pekerjaan akan semakin terbuka lebar.

  3. Meningkatkan pengalaman
  4. Portofolio tidak hanya memberikan keuntungan pada pikirian HRD dalam proses pelamaran, tetapi juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan pengalaman secara profesional. Dengan membuat portofolio, kamu dapat menentukan tujuan karirmu dan mengembangkan kemampuanmu menjadi lebih baik. Proyek-proyek yang kamu kerjakan akan memegang peran sentral dalam menambah pengalaman dalam karir kamu terutama pada saat diwawancara kerja.

  5. Menunjukkan keahlian
  6. Portofolio dapat memperlihatkan kemampuan dan keahlianmu yang sebenarnya. Cukup dengan memperlihatkan hasil terbaik dalam setiap proyek yang kamu kerjakan, kamu tidak hanya membuktikan bahwa kamu memiliki kemampuan, tetapi juga dapat menunjukkan seberapa besar pengaruhmu terhadap hasil kerja tersebut

  7. Memudahkan recruiter/HRD dalam melakukan seleksi kandidat
  8. Dalam menghadapi persaingan di dunia kerja, recruiter/HRD lebih memilih kandidat yang memiliki portofolio sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan mengetahui potensi dan keahlianmu dalam detail, perusahaan dapat mempertimbangkan kandidat kamu dengan lebih spesifik.

Oleh karena itu, membuat portofolio di era digital sangatlah penting. Membuat portofolio juga menjadi satu langkah maju dalam kesuksesan di dunia kerja yang seiring perkembangan teknologi akan menjadi alat penting dan vital.

Aplikasi gratis untuk membuat portofolio


Aplikasi gratis untuk membuat portofolio

Menjadi seorang pekerja kreatif seperti desainer grafis, fotografer, atau penulis, membuat portofolio merupakan salah satu hal yang penting. Sebab, dengan portofolio ini, anda bisa menunjukkan kemampuan dan karya anda kepada calon klien atau semua orang. Nah, untuk membantu anda membuat portofolio, sekarang ini sudah banyak tersedia aplikasi untuk membuat portofolio. Di artikel kali ini, saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi terbaik dan gratis untuk membuat portofolio.

1. Behance

Behance aplikasi

Behance adalah salah satu platform populer untuk kreatif menunjukkan karya mereka. Selain itu, Behance juga menyediakan aplikasi gratis untuk Android dan iOS yang memungkinkan anda membuat dan mengunggah portofolio anda ke platform Behance secara cepat dan mudah. Aplikasi ini juga memiliki banyak template portofolio keren yang bisa anda gunakan.

2. Canva

Canva aplikasi

Canva adalah aplikasi desain yang sangat populer di Indonesia. Aplikasi ini awalnya dirancang untuk memudahkan orang dalam membuat desain grafis seperti poster, banner, dan sejenisnya. Namun, Canva juga menjadi pilihan bagi banyak orang untuk membuat portofolio mereka. Anda bisa menggunakan template portofolio gratis yang disediakan oleh Canva atau membuatnya dari awal menggunakan fitur editing Canva yang mudah digunakan.

3. Wix

Wix aplikasi

Wix adalah platform pembuat website yang populer di Indonesia. Selain menyediakan aplikasi buat membuat website, Wix juga menyediakan aplikasi untuk membuat portofolio. Anda bisa mengakses ratusan template portofolio keren di Wix dan mengeditnya sesuai dengan keinginan anda. Aplikasi ini juga menyediakan fitur drag-and-drop yang memudahkan anda membuat tampilan portofolio yang cantik dan menarik.

4. Dribbble

Dribbble aplikasi

Dribbble adalah platform online untuk desainer grafis untuk berbagi pengalaman dan menunjukkan karya mereka. Sama seperti Behance, Dribbble juga menyediakan aplikasi untuk Android dan iOS yang memungkinkan anda membuat portofolio anda dan mengunggahnya ke platform Dribbble secara mudah. Aplikasi ini juga memiliki banyak template portofolio yang keren dan didesain oleh para desainer profesional.

5. Adobe Portfolio

Adobe Portfolio

Adobe Portfolio adalah aplikasi gratis untuk menampilkan dan berbagi karya-karya anda secara online. Aplikasi ini juga compatible dengan beberapa platform lain seperti Behance dan Adobe Creative Cloud. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tidak diperlukan pengalaman desain sebelumnya. Ada beberapa template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Demikianlah beberapa aplikasi gratis yang bisa anda gunakan untuk membuat portofolio anda. Selain itu, beberapa aplikasi tersebut juga memudahkan anda untuk mengunggah portofolio ke platform online seperti Behance dan Dribble. Semoga bermanfaat.

Aplikasi berbayar untuk membuat portofolio yang lebih profesional


Aplikasi berbayar untuk membuat portofolio yang lebih profesional

Portofolio merupakan hal yang cukup penting bagi seorang profesional. Dalam portofolio, terdapat berbagai informasi penting seperti latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta keterampilan yang dimiliki. Hal ini membuat portofolio menjadi salah satu alat penting untuk mempromosikan diri. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk menggunakan aplikasi untuk membuat portofolio agar tampilan portofolio mereka lebih profesional.

Berikut beberapa aplikasi berbayar untuk membuat portofolio yang bisa Anda gunakan di Indonesia:

1. Wix

Wix

Wix merupakan aplikasi yang sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat portofolio dengan tampilan yang professional tanpa harus memiliki keterampilan coding. Dalam Wix, terdapat berbagai template yang bisa Anda gunakan untuk membuat portofolio seperti portofolio fotografi, portofolio desain grafis, hingga portofolio animasi. Selain itu, Wix juga menawarkan banyak fitur tambahan seperti editor visual yang mudah digunakan, kontak form, dan masih banyak lagi.

2. Adobe Portfolio

Adobe Portfolio

Adobe Portfolio merupakan aplikasi yang dibuat secara khusus oleh Adobe untuk membuat portofolio. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat portofolio yang sangat unik dan professional dengan bantuan berbagai fitur canggih seperti desain responsif untuk tampilan yang optimal di berbagai perangkat, integrasi dengan Adobe Universe, kemampuan untuk menambahkan foto dan video dalam jumlah besar, dan masih banyak lagi.

3. Squarespace

Squarespace

Squarespace merupakan aplikasi berbayar yang populer untuk membuat portofolio, website, dan blog. Aplikasi ini menawarkan berbagai template yang bisa Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan gaya yang Anda inginkan. Anda juga dapat melakukan penyesuaian secara mendetail pada setiap elemen dari tampilan situs Anda. Squarespace sangat user-friendly dan mudah digunakan bahkan untuk yang tidak berpengalaman dalam dunia coding.

4. Format

Format

Format merupakan platform berbasis cloud yang memungkinkan Anda untuk membuat dan membantu Anda dalam memudahkan pemasaran portofolio Anda. Dilengkapi dengan berbagai fitur profesional dan responsif, Format menawarkan akses ke ratusan templat, unggahan video dan gambar yang cepat, analitik yang cukup lengkap, dan integrasi dengan berbagai platform seperti Instagram dan Adobe Lightroom.

Kesimpulannya, memiliki portofolio yang professional merupakan hal yang penting bagi seorang profesional dalam mempromosikan diri. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi untuk membuat portofolio bisa menjadi pilihan yang tepat. Tersedia banyak aplikasi untuk membuat portofolio berbayar yang bisa Anda gunakan di Indonesia, seperti Wix, Adobe Portfolio, Squarespace, dan Format. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda akan lebih mudah dan cepat dalam membuat portofolio yang terlihat lebih professional.

Cara Memilih Jenis Format Portofolio yang Tepat


Cara memilih jenis format portofolio yang tepat

Bukan rahasia lagi bahwa portofolio menjadi salah satu bentuk dari presentasi diri yang amat penting di era digital ini. Bagi kamu yang ingin memperlihatkan hasil karya atau prestasi yang pernah kamu capai, membuat portofolio adalah hal yang wajib dilakukan. Dalam membuat portofolio, kamu memerlukan format yang tepat sehingga nantinya portofolio dapat memberikan kesan yang mendalam pada para pemirsa.

Penting untuk dipahami bahwa pemilihan format portofolio juga harus disesuaikan dengan jenis konten yang ingin kamu tampilkan. Ada berbagai macam jenis portofolio yang dapat dipilih, namun bagaimana memilihnya yang tepat?

1. Portofolio Online

Portofolio Online

Jenis portofolio ini biasanya terdiri dari situs web atau blog yang memperlihatkan prestasi atau karya-karya yang telah dilakukan. Portofolio online menjadi salah satu format yang direkomendasikan dan menjadi media digital yang banyak digunakan. Kelebihan menggunakan portofolio online adalah fleksibilitas dalam memperlihatkan hasil karya, mudah diakses, dan dapat menampilkan berbagai jenis karya dalam satu platform.

2. Portofolio Media Sosial

Portofolio Media Sosial

Bagi kamu yang ingin menyebarkan portofolio secara luas, media sosial bisa menjadi jawabannya. Kamu dapat membuat portofolio kamu dalam bentuk gambar, video, atau slide yang kemudian kamu bagikan ke akun media sosial yang kamu miliki. Jenis format ini cocok untuk orang-orang yang ingin memeperlihatkan karya mereka secara luas dan ingin menarik perhatian dari banyak orang.

3. Portofolio Kertas

Portofolio Kertas

Berbeda dengan format digital, portofolio kertas adalah jenis format yang memperlihatkan prestasi dan karya kamu dalam bentuk fisik. Meskipun telah masuk era digital, portofolio kertas masih menjadi pilihan banyak orang pada beberapa bidang seperti arsitektur atau desain interior. Keuntungan dari menggunakan portofolio kertas adalah kamu dapat memberikan kesan fisik yang lebih personal pada orang yang melihatnya.

4. Portofolio CD atau USB

Portofolio CD atau USB

Format portofolio yang satu ini memperlihatkan karya-karya kamu yang tersimpan dalam CD atau USB. Biasanya format jenis ini digunakan oleh perusahaan yang ingin memeriksa hasil karya kamu dan juga meminimalisir resiko plagiat. Namun keuntungan lain dari portofolio CD atau USB adalah mudah untuk disimpan dan dibawa-bawa kapanpun dan di manapun.

Memilih format portofolio yang tepat akan membantu kamu untuk memperlihatkan karya atau prestasi yang terbaik dari diri kamu. Ingatlah untuk memilih format yang sesuai dengan jenis konten yang ingin kamu tampilkan dan juga dengan bidang yang kamu tekuni. Dengan format yang tepat, portofolio kamu akan lebih menarik dan dapat memberikan kesan yang kuat pada para pemirsa. Selamat mencoba!

Tips untuk membuat portofolio yang menarik dan efektif


Aplikasi untuk membuat Portofolio

Portofolio digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan diri dan karya. Tidak hanya itu, portofolio juga seringkali dijadikan sebagai pertimbangan seleksi bagi perusahaan atau klien dalam memilih orang yang mereka butuhkan. Terlebih, dalam era digital seperti sekarang, membuat portofolio sudah menjadi suatu keharusan untuk memudahkan pengaksesannya. Namun, bagaimana membuat portofolio yang efektif dan menarik? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mempersiapkan portofolio yang tepat dan efektif.

Desain Portofolio

1. Tentukan Konten yang Tepat

Yang paling penting dalam membuat portofolio adalah menentukan konten yang tepat. Anda harus memperhatikan bahwa konten portofolio harus menggambarkan skill dan kemampuan Anda dalam bidang yang ingin dipresentasikan. Gunakan karya terbaik dan terbaru sebagai sample dalam portofolio Anda. Pilihlah proyek atau karya yang terbaik dan paling relevan dengan pekerjaan yang akan diincar. Selain itu, konten portofolio harus berisi data pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email.

Tampilan singkat Portofolio

2. Buatlah Tampilan yang Simpel namun Menarik

Simplicity is the Key to Brilliance. Ungkapan ini sangat tepat untuk membuat portofolio. Selalu buat tampilan yang simpel sehingga mudah dibaca dan dipahami. Hal ini akan membantu audiens lebih fokus pada konten dalam portofolio. Tapi, itu tidak berarti tampilan yang monoton dan membosankan. Tambahkan elemen estetika seperti warna, font, atau gambar yang sesuai dengan konten dan gaya Anda. Perkenalkan gaya dan kepribadian Anda agar portofolio Anda terlihat unik dan berbeda dari yang lain.

Analisa audiens

3. Ketahui dan Analisis Audiens

Sebelum membuat portofolio, ketahui audiens sehingga konten dalam portofolio sesuai dengan kebutuhan mereka. Anda tidak bisa memasarkan karya desain grafis pada seorang programmer. Oleh karena itu, ketahui audiens dan analisis gaya, format dan desain yang sesuai dengan audiens. Misalnya, jika audiens Anda terdiri dari pekerja kreatif, seperti editor, penerbitan dan desain grafis, buatlah portofolio desain grafis yang menarik dan estetik.

Portofolio Online

4. Buatlah Portofolio Online

Portofolio online saat ini menjadi satu-satunya cara yang sangat mudah dan efektif dalam memperkenalkan diri dan karya Anda. Anda tidak perlu lagi membawa hard copy portofolio Anda ketika bertemu dengan klien atau boss, cukup bagikan tautan portofolio online Anda. Selain praktis, portofolio online memberikan kesan profesional yang kuat dan meningkatkan potensi peluang kerja baru.

Kualitas gambar

5. Perhatikan Kualitas Gambar

Kualitas gambar merupakan aspek penting dalam membuat portofolio. Pastikan gambar dalam portofolio memiliki resolusi yang cukup tinggi. Gambar atau sample karya harus terlihat jelas dan menunjukkan detil dengan baik. Anda harus memperhatikan salah satu aspek terpenting dalam desain grafis, brightness dan contrast agar karya Anda mampu bertahan pada berbagai macam media promosi.

Demikianlah beberapa tips untuk membuat portofolio yang menarik dan efektif. Ingat, portofolio akan menjadi pengantar Anda ke dunia profesionalisme, maka buatlah portofolio yang terbaik dan tepat agar menggambarkan lebih baik tentang siapa diri Anda dan apa yang Anda mampu kerjakan.

Leave a Comment