Fitur Editing untuk Meningkatkan Kualitas Foto Produk
Bagi pebisnis online, foto produk merupakan salah satu faktor penentu dalam menjual produk. Foto produk yang menarik dan berkualitas dapat meningkatkan kepercayaan konsumen serta memperkuat branding produk. Oleh karena itu, mengedit foto produk untuk meningkatkan kualitasnya merupakan langkah yang wajib dilakukan oleh pebisnis online.
Berikut adalah beberapa fitur editing yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas foto produk:
1. Adjust Brightness and Contrast
Salah satu fitur editing yang paling penting adalah adjust brightness and contrast. Dengan mengatur tingkat kecerahan (brightness) dan kontras (contrast), produk yang tadinya terlihat kusam atau terlalu terang dapat diubah menjadi lebih menarik dan fokus.
Brightness yang tepat dapat memberikan pencahayaan yang lebih baik sehingga memperjelas detail produk dan meningkatkan kejelasan gambar. Sementara itu, kontras yang baik dapat meningkatkan kedalaman dan mendefinisikan kontur produk secara lebih jelas.
2. Crop and Resize
Cropping atau memotong gambar biasanya digunakan untuk memberikan fokus pada objek produk. Peletakan produk yang tepat dalam sebuah foto adalah hal utama untuk mempertimbangkan rasio potongan foto yang sesuai. Misalnya, produk makanan perlu difoto close-up dengan sedikit background yang menyempit sehingga memperlihatkan detail produk. Hal ini agar calon pelanggan dapat melihat produk dengan detil lebih dekat.
Untuk produk dengan ukuran yang berbeda-beda, perlu diresize agar ukuran gambar senada dengan ukuran yang diinginkan yang dapat di-upload dalam marketplace. Ukuran gambar yang terlalu besar dapat membuat waktu loading yang lambat dan mengurangi pengalaman jualan Anda dengan penjual yang lain.
3. Remove Background
Background yang tidak menarik seperti latar belakang dalam rumah atau toko studio dapat mengurangi kesan profesional dan elegan untuk produk. Dalam hal ini, remove background dapat digunakan untuk mengekstrak objek dari foto aslinya dan menghapus background untuk menghasilkan hasil foto yang lebih halus dan clean.
4. Fix Exposure
Seringkali, mengambil gambar di dalam ruangan dengan pencahayaan yang minim atau di luar ruangan saat cuaca berawan dapat menghasilkan foto yang tidak sempurna. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk kembali mengambil gambar, terlebih dahulu menggunakan fitur editing saja. Mengedit eksposur dapat mengubah pencahayaan dan meningkatkan kontras serta saturasi secara menyeluruh tanpa merusak tekstur atau detail produk.
5. Contrast Saturation and Sharpness
Fitur editing seperti contrast, saturation, dan sharpness sangat penting untuk melucuti detail produk dan meningkatkan ketajaman gambar. Penting untuk menyesuaikan dengan jenis produk, tema dan tujuan jualan produk. Misalnya, tight clothing bisa lebih menarik dengan saturasi yang lebih tinggi atau ukiran yang lebih halus dengan kejelasan yang lebih dalam.
Dengan mengedit foto produk, para pebisnis online dapat membuat foto produk yang menarik perhatian dan berkualitas tinggi. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan membuat branding produk Anda lebih dikenal di pasar online.