Aplikasi Android Terbaik untuk Membuka Situs yang Diblokir oleh Internet Positif di Indonesia

Pengenalan tentang Internet Positif dan Situs Diblokir


Internet Positif dan Situs Diblokir

Indonesia is known for its diverse culture, tourism, and digital development. However, the government has tight control over the internet through its internet censorship policy called “Internet Positif”. This policy’s primary goal is to filter websites that are deemed inappropriate and contain inappropriate content, such as pornography, radicalism, and gambling. The government deemed these websites harmful to the public, especially children, and their moral values. To support this policy, the government works with internet service providers (ISP) to block access to these websites or install a “warning page” called the “Situs Diblokir” page to warn users of the consequences of accessing these websites.

The irony, however, is that some of the sites blocked by “Internet Positif” are legitimate and useful for the general public, creating inconvenience for users who need them. Fortunately, several android applications can bypass this restriction, allowing users to access blocked websites.

If you are one of those users having a hard time accessing specific websites in Indonesia, read on to find the best android applications that can help you bypass “Internet Positif”.

Hotspot Shield


Hotspot Shield logo

Hotspot Shield adalah salah satu aplikasi VPN terbaik yang membantu penggunanya untuk membuka akses ke situs-situs yang diblokir oleh internet positif, bahkan untuk situs-situs yang menggunakan protokol HTTPS. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami oleh para pengguna.

Tidak hanya itu, Hotspot Shield juga memberikan keamanan dan perlindungan privasi tertinggi bagi penggunanya. Aplikasi ini menyediakan enkripsi yang kuat untuk memastikan bahwa data pengguna tidak dapat diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Fitur keamanan ini akan sangat berguna bagi para pengguna yang sering melakukan transaksi online, mengakses situs perbankan, atau hanya sekadar browsing internet saja.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Pada versi gratis, pengguna akan mendapatkan kuota data sebesar 500 MB per hari dengan koneksi yang sedikit lambat. Namun, jika ingin menikmati fitur yang lebih lengkap, para pengguna bisa mendaftar dan membeli versi berbayar dari aplikasi ini.

Hotspot Shield juga menyediakan server di berbagai negara di seluruh dunia, sehingga para penggunanya bisa memilih server yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan pada perangkat seluler Android dan komputer.

Keamanan dalam Menggunakan Aplikasi Pembuka Blokir


aplikasi pembuka blokir internet positif di Indonesia

Ketika mengakses situs web di Indonesia, internet positif akan menjadi masalah bagi kalian yang ingin mengunjungi situs web tertentu. Solusi yang paling mudah untuk mengakses situs web yang diblokir oleh internet positif di Indonesia adalah dengan menggunakan aplikasi pembuka blokir. Meskipun solusi ini terdengar sangat menarik, kalian tetap harus memerhatikan keamanannya dalam menggunakan aplikasi pembuka blokir.

Yang harus kalian waspadai adalah bahwa beberapa aplikasi pembuka blokir memberi akses yang tidak aman bagi para penggunanya. Beberapa aplikasi pembuka blokir dapat membahayakan perangkat kalian, bahkan yang tidak bisa kalian lihat secara langsung. Oleh karena itu, perlu untuk memperhatikan beberapa hal dalam memilih dan menggunakan aplikasi pembuka blokir yang aman dan dapat diandalkan.

1. Pastikan Aplikasi Pembuka Blokir Tidak Mencuri Data Pribadi Kalian

Aplikasi pembuka blokir dapat menjadi ancaman bagi data pribadi kalian. Beberapa aplikasi pembuka blokir dapat mengambil akses ke data pribadi kalian tanpa ijin kalian. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa reputasi aplikasi pembuka blokir sebelum mengunduhnya. Pastikan bahwa aplikasi pembuka blokir yang kalian pilih memiliki opsi kebijakan privasi yang jelas, dan tidak menggunakan data pribadi kalian untuk kepentingan mereka sendiri.

2. Pastikan Aplikasi Pembuka Blokir Tidak Memasukkan Malware

Ketika menggunakan aplikasi pembuka blokir, penting untuk memastikan bahwa aplikasi yang kalian unduh tidak membawa malware atau virus. Beberapa aplikasi pembuka blokir yang tidak terpercaya dapat menginstal malware pada perangkat kalian, yang dapat menyebabkan kerusakan dan kehilangan data. Pastikan untuk membaca ulasan aplikasi pembuka blokir sebelum mengunduhnya dan pastikan bahwa aplikasi tersebut diuji secara ketat untuk keamanannya.

3. Pastikan Aplikasi Pembuka Blokir Tidak Dilarang di Indonesia

Yang ketiga, kalian harus memastikan bahwa aplikasi pembuka blokir yang kalian pilih tidak dilarang di Indonesia. Beberapa aplikasi pembuka blokir yang berasal dari luar negeri dapat terlarang oleh pemerintah Indonesia, sehingga mengakses situs web yang diblokir dapat menjadi lebih sulit untuk kalian. Pastikan bahwa aplikasi pembuka blokir yang kalian pilih diizinkan di Indonesia dan dapat diandalkan untuk membuka blokir situs web yang kalian ingin akses.

Kesimpulannya, penting untuk Waspadai keamanan saat menggunakan aplikasi pembuka blokir. Beberapa aplikasi pembuka blokir akan membawa masalah dan ancaman keamanan bagi perangkat kalian. Namun, jika kalian memeriksa reputasi aplikasi, pastikan kebijakan privasi aplikasi yang kalian unduh dan melakukan riset, maka kalian dapat dengan mudah menemukan aplikasi pembuka blokir yang aman dan dapat diandalkan di Indonesia.

Alternatif Selain Menggunakan Aplikasi Pembuka Blokir


alternatif selain menggunakan aplikasi pembuka blokir

Meskipun aplikasi pembuka blokir sangat membantu dalam mengakses situs yang diblokir, namun terkadang aplikasi ini juga memiliki keterbatasan. Beberapa aplikasi pembuka blokir tidak bisa membuka situs yang membutuhkan kecepatan internet yang tinggi dan juga terkadang aplikasi ini tidak memiliki privasi yang memadai. Oleh karena itu, selain menggunakan aplikasi pembuka blokir ada beberapa alternatif lain yang bisa dicoba. Berikut beberapa alternatif selain menggunakan aplikasi pembuka blokir di Indonesia:

1. Menggunakan VPN

menggunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network bisa menjadi alternatif selain menggunakan aplikasi pembuka blokir. VPN membentuk koneksi internet yang aman dan tertutup sehingga dapat mengakses internet secara aman dan privat. Pada dasarnya, VPN menggantikan alamat IP kita dengan alamat IP server VPN sehingga situs-situs dapat diakses meskipun terblokir. Beberapa layanan VPN populer yang bisa digunakan di Indonesia adalah NordVPN, ExpressVPN, dan CyberGhost.

2. Menggunakan Proxy Server

menggunakan proxy server

Proxy server merupakan server yang bertindak sebagai perantara antara client dan server. Dengan menggunakan proxy server, kita dapat mengakses situs yang diblokir tanpa harus menginstal aplikasi pembuka blokir. Proxy server juga bisa mengakses situs dengan kecepatan yang tinggi dan servernya bisa berada di luar negeri sehingga dapat membuka situs internasional yang diblokir. Beberapa proxy server populer di Indonesia adalah Hidester, HideMyAss, dan KProxy.

3. Menggunakan Private DNS

menggunakan private DNS

Selain menggunakan aplikasi pembuka blokir, VPN, dan proxy server, alternatif lain untuk mengakses situs yang terblokir adalah dengan menggunakan private DNS. Private DNS adalah sebuah layanan yang memungkinkan pengguna mengganti server domain name system (DNS) standar dengan server yang diatur sendiri. Private DNS bisa membuka situs yang diblokir dengan lebih cepat dan aman daripada aplikasi pembuka blokir. Beberapa layanan Private DNS yang bisa dicoba di Indonesia adalah Cloudflare, Google DNS, dan OpenDNS.

4. Mengakses Situs melalui TOR

mengakses situs melalui TOR

TOR atau The Onion Router merupakan jaringan komputer yang memungkinkan pengguna melalui koneksi internet secara anonim dan aman. Jaringan TOR menggunakan teknologi enkripsi untuk menyembunyikan alamat IP pengguna sehingga sangat sulit untuk melacak seseorang yang menggunakan jaringan TOR. TOR juga bisa membuka situs yang diblokir oleh pemerintah atau penyedia layanan internet. Untuk mengakses situs melalui TOR, pengguna bisa menginstal TOR Browser yang tersedia untuk berbagai platform, termasuk Android.

Dalam memilih alternatif selain menggunakan aplikasi pembuka blokir, pengguna harus tetap berhati-hati dan memilih layanan yang terpercaya dan aman untuk digunakan. Karena terkadang situs yang diblokir memang mengandung konten yang tidak diinginkan atau bahkan berbahaya. Oleh karena itu, pastikan tetap berada pada jalur yang legal dan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Cara Menggunakan Aplikasi VPN untuk Membuka Situs yang Terblokir


VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah teknologi yang dapat memberikan koneksi internet yang aman dan efektif bagi penggunanya. Salah satu manfaat utama penggunaan VPN adalah untuk membuka akses ke situs yang diblokir oleh internet positif. Berikut panduan cara menggunakan aplikasi VPN untuk membuka situs yang terblokir:

1. Unduh dan Instal Aplikasi VPN

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi VPN dari sumber yang terpercaya. Pastikan aplikasi yang diunduh telah teruji dan belum terinfeksi virus atau malware.

APK VPN

2. Buka Aplikasi VPN dan Pilih Lokasi Server

Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi VPN dan pilih lokasi server yang akan digunakan. Untuk mengakses situs yang diblokir oleh internet positif di Indonesia, pilih server yang berada di luar Indonesia. Server yang paling banyak digunakan untuk membuka situs yang terblokir di Indonesia adalah server Singapura dan Amerika Serikat.

Server VPN

3. Aktifkan VPN

Setelah memilih lokasi server, aktifkan VPN dengan menekan tombol ON. Tunggu beberapa saat hingga proses koneksi selesai.

Aktifkan VPN

4. Mulai Browsing

Setelah VPN terhubung, buka aplikasi browser dan mulai browsing situs yang sebelumnya terblokir. Pastikan alamat URL yang diakses menggunakan protokol HTTPS untuk memastikan koneksi aman dan terenkripsi.

Browsing Internet

5. Matikan VPN Setelah Selesai

Setelah selesai browsing, jangan lupa untuk mematikan VPN. Hal ini bertujuan agar koneksi internet normal kembali dan menghindari pengurasan baterai pada perangkat mobile.

Matikan VPN

Dalam memilih aplikasi VPN, pastikan aplikasi tersebut tidak menyimpan log aktivitas pengguna. Hal ini penting untuk memastikan keamanan data pribadi dan menghindari kebocoran informasi online. Jangan lupa pula untuk menggunakan aplikasi VPN yang telah menunjukkan kinerja yang stabil dan cepat agar pengalaman browsing tetap lancar dan nyaman.

Leave a Comment